VISI DAN MISI BKD

4.1      VISI  BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO

 

3

Visi adalah pandangan jauh kedepan , kemana dan bagaimana organisasi akan dibawa dan berkarya agar tetap konsisten dan eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi juga merupakan gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita – cita , obsesi dan citra yang diinginkan.

Badan Kepegawaian dalam kedudukannya sebagai unsur pelaksana manajemen Pegawai Negeri Sipil, merumuskan Visi sebagai  satu kesatuan dalam rangkaian kebijakan tahun 2011 – 2015, yang diharapkan mampu dalam mengemban Tugas  Pokok dan Fungsinya sehingga dapat menuju masa depan yang lebih baik , yang pada gilirannya dengan visi yang tepat , Badan Kepegawaian akan menjadi akselator bagi pelaksanaan tugas Pemerintahan.

Berdasarkan dengan kondisi umum yang ada di Kabupaten Sidoarjo berkaitan dengan masalah kepegawaian dan kondisi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo serta untuk melaksanakan wewenang dan tanggungjawabnya maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo merumuskan visi sebagai berikut :

 

TERWUJUDNYA APARATUR YANG

PROFESIONAL DAN SEJAHTERA

Penjelasan Visi :

–                “Terwujudnya“ dalam visi tersebut dimaksudkan sebagai suatu keberhasilan dalam pencapaian tujuan.

 

–        Sedangkan yang dimaksud dengan “Aparatur  yang profesional dan sejahtera “adalah aparatur pemerintah yang memiliki kemampuan, kemahiran dalam pelaksanaan tugasnya berbasiskan ilmu pengetahuan dan pengalaman, serta berpegang teguh pada etika profesi , memiliki self control dan berorentasi pada kualitas / mutu kinerja dengan cara kerja yang efisien , efektif dan ekonomis, memiliki kepekaan yang tinggi  (High Responsibility) terhadap kepentingan masyarakat (Publik Interest) dan masalah – masalah masyarakat ( Publik Affairs ) serta bertanggung jawab ( Accountability ) dengan didukung oleh adanya kesejahteraan yang proporsional.

4.2    M I S I

Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan . Dengan demikian visi dapat terwujud apabila setiap instansi pemerintah mempunyai misi yang jelas sehingga pada gilirannya dapat menyelaraskan dengan potensi, peluang dan kendala yang dihadapi.

Guna mewujudkan visi yang telah ditetapkan maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo perlu menetapkan misinya secara jelas sebagai suatu pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.

Adanya penjelasan pernyataan misi pada akhirnya diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal dengan benar keberadaan Badan Kepegawaian Daerah  Kabupaten Sidoarjo dan mengetahui secara jelas peran dan program – programnya beserta hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang.

Dengan memperhatikan masukan dari pihak – pihak yang berkepentingan dan menilai lingkungan strategik yang berpengaruh serta menyelaraskan dengan tuntutan peran dan kemampuan sumber daya yang dimiliki, maka Badan Kepegawaian Daerah merumuskan suatu misi, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi kepegawaian.
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur.
  3. Meningkatkan kesejahteraan Aparatur.
  4. Meningkatkan profesionalisme Aparatur untuk mewujudkan pelayanan birokrasi yang prima.

Meningkatkan pelayanan yang adil dan merata merupakan wujud komitmen Badan Kepegawaian Daerah  terhadap masyarakat  pada umumnya. Upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan secara benar (good government) dan bersih (clean government) termasuk didalamnya penyelenggaraan pelayanan publik memerlukan unsur-unsur mendasar antara lain unsur profesionalisme dari penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik.

 

4.3    TUJUAN STRATEGIS

Tujuan organisasi merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi organisasi yang lebih spesifik  dan terukur. Tujuan adalah hasil akhir yang ingin dicapai  oleh organisasi dalam jangka waktu 1 ( satu ) sampai dengan 5 ( lima ) tahun mendatang yang harus sesuai dengan tugas dan fungsinya, secara kolektif karena tujuan organisasi menggambarkan arah strategik organisasi dan perbaikan yang ingin diciptakan sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi. Dengan kata lain tujuan merupakan tujuan umum organisasi yang bermuara pada terwujudnya visi organisasi.

Berdasarkan arahan arti dan makna tujuan organisasi dimaksud, maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka mewujudkan misinya , menetapkan tujuan organisasi sebagai berikut :

  1. Meningkatnya  kualitas pelayanan administrasi kepegawaian.
  2. Meningkatnya kualitas SDM Aparatur.
  3. Meningkatnya ksejahteraan aparatur
  4. Meningkatnya profesionalisme aparatur untuk mewujutkan pelayanan birokrasi yang prima.

4.4    SASARAN STRATEGI

Strategi merupakan cara mewujudkan tujuan, dirancang secara konseptual, analitis, realistis, rasional, dan komprehensif yang diwujudkan dalam kebijakan dan program oleh suatu organisasi.

Berdasarkan arahan arti dan makna strategi organisasi dimaksud, maka Badan Kepegawaian  Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka mewujudkan tujuannya , menetapkan strategi organisasi sebagai berikut :

  1. Terwujudnya  kualitas pelayanan administrasi kepegawaian.
  2. Terwujudnya kualitas SDM Aparatur.
  3. Terwujudnya ksejahteraan aparatur
  4. Terwujudnya profesionalisme aparatur untuk mewujudkan pelayanan birokrasi yang prima.

 

4.5    ARAH KEBIJAKAN

Strategi merupakan pola tindakan yang dipilih untuk mewujudkan visi dan misi. Strategi membentuk suatu pola pemgambilan keputusan dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Dengan adanya strategi maka organisasi dapat mengarahkan seluruh sumber daya secara efektif dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Berdasarkan tujuan dan sasaran Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo yang telah  ditetapkan maka dirumuskan strategi-strategi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian melalui tata kelola kearsipan dan manajemen data yang baik.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur melalui diklat .
  3. Meningkatkan kesejahteraan aparatur melalui reward dan tunjangan
  4. Meningkatkan profesionalisme aparatur melalui mutasi dan promosi

 

Berdasarkan strategi-strategi yang  telah diidentifikasi, kemudian dapat dirumuskan arah kebijakan apa saja yang sesuai visi, misi, serta tujuan dan sasaran Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Sidoarjo,

 

Berikut ini adalah hasil rumusan arah kebijakan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo tahun 1010-2015 :

  1. Peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian

–           Program pelayanan administrasi perkantoran

–           Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur

b.         Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan profesionalisme  aparatur

–           Program peningkatan disiplin aparatur

–           Program fasilitasi purnah tugas PNS

–           Program peningkatan kapasitas  sumber daya aparatur

–           Program pendidikan kedinasan

–           Program peningkatan sumberdaya aparatur

–           Program pembinaan dan pengembangan aparatur

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s