RENSTRA BKD

Terselenggaranya  Pemerintahan yang benar (good government ) dan bersih (clean government) merupakan prasyarat bagi setiap pemerintahan untuk memotivasi timbulnya aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan  serta cita-cita berbangsa dan bernegara. Dalam rangka itu diperlukan peningkatan pelayanan yang adil dan merata  dengan meningkatkan profesionalisme  aparatur untuk mencapai pelayanan prima sehingga penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab.

Dalam sistem penyelenggaraan pelayanan public memerlukan unsur-unsur mendasar antara lain unsur profesionalisme dari pelaku dan penyelanggara pemerintahan dan pelayanan public, perencanaan strategik merupakan langkah awal untuk melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah .

Perencanaan strategik instansi pemerintah merupakan integrasi antara keahlian sumber daya manusia dan sumber daya lain agar mampu menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis, nasional  dan global serta tetap berada dalam tatanan sistem manajemen nasional sehingga pembangunan berjalan efektif, bersasaran dan sinkron dengan pembangunan nasional dan pembangunan propinsi.

Sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus merespon berbagai tuntutan dan kondisi riil masyarakat yang berjalan dengan era reformasi, maka diperlukan perencaan strategis dari semua instasi pemerintah termasuk Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo, dengan didukung visi, misi dan program yang jelas. Hal ini penting karena perencanaan strategis merupakan akumulasi berbagi tujuan yeng hendak dicapai  baik tujuan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 

1.2    MAKSUD DAN TUJUAN

A.     MAKSUD

Penyusunan Renstra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2011-2015 dimaksudkan sebagai upaya untuk mengarahkan semua sumber daya yang dimiliki dan mengupayakan sumber daya lain atau swasta untuk terlibat dalam pelaksanaan program-program pembangunan yang ada dan untuk mencapai tujuan pembangunan yang sudah ditetapkan.

Renstra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo ditujukan untuk menjabarkan visi, misi dan program Badan Kepegawaian kedalam kegiatan yang mampu merealisasikan visi, misi dan program yang sudah ditetapkan.

  1. B.       TUJUAN

Renstra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo disusun dengan tujuan untuk :

a.      Menginventarisir dan mengindentifikasi sumber daya yang dimiliki sebagai upaya untuk mengukur kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo.

b.      Menginventarisir dan mengindentifikasi persoalan yang berkaitan dengan masalah kepegawaian guna dicarikan solusi atau pemecahan masalah pada masa 5 (lima) tahun yang akan datang.

c.      Merencanakan program-program dalam masa 5 (lima) tahun yang akan datang dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki serta persoalan yang timbul selama pelaksanaan kinerja dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo.

d.      Sebagai acuan atau tolak ukur tingkat keberhasilan dari hasil kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam merealisasikan visi, misi, dan program yang telah ditetapkan selama masa 5 (lima) tahun yang akan datang.

 

 

 

 

1.3         LANDASAN HUKUM

Penyusunan Renstra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo berdasarkan pada :

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian;
  2. Undang-undang Nomor 17 tahun 203 tentang Keuangan Negara;
  3. Undang-undang Nomor 10 tahun 2004 tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan;

4.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;

5.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;

6.      Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 5 Tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2006-2026.

7.      Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara  Pemerintah, Pemerintahan Daerah Propinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota;

8.      Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007  tentang  Dokumen RPJPD 2006-2026;

9.      Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah;

10.    Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang  Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;

11.    Peraturan Daerah Kabupaen Sidoarjo Nomor 14 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sidoarjo;

12.    Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 21 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo;

 

 

 

 

1.4     KEDUDUKAN DAN PERANAN RENSTRA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO DALAM PERENCANAAN DAERAH

Dokumen  Rencana Strategis (Renstra) Badan Kepegawaian Daerah  memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan serta program dan kegiatan Badan Kepegawaian Daerah.

Kedudukan dan peranan  Renstra Badan kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam perencanaan daerah adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara pemerintah di pusat dan daerah.

Rencana Strategis Badan kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan kemudian menjadi pedoman penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja)  dan sebagai dasar evaluasi dan laporan pelaksanaan kinerja tahunan dan lima tahunan.

1.5         SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan Renstra Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo adalah sebagai berikut :

Bab I      :     Pendahuluan

Memuat latar belakang, Maksud dan tujuan, Landasan hukum disusunnya Renstra serta kedudukan dan peranan Renstra Badan Kepegawaian Daerah  Kabupaten Sidoarjo dalam perencanaan daerah

 

Bab II     :     Tugas Pokok dan Fungsi

Memuat Struktur organisasi, Susunan kepegawaian dan perlengkapan , tugas pokok dan fungsi dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo serta sistem, prosedur  dan mekanisme

Bab III    :     Profil Kinerja Pelayanan

Memuat gambaran secara menyeluruh kinerja pelayanan Badan  Kepegawaian Daerah yang ada di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, serta kelemahan dan kekuatan internal, peluang dan tantangan eksternal,  rumusan permasalahan strategis  dan rumusan perubahan yang kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam peningkatan pelayanan serta perubahan –perubahan internal dan eksternal yang perlu dilakukan untuk lebih produktif, efektif dan efisien.

 

Bab IV   :     Visi, Misi, Tujuan, Strategi dan Arah Kebijakan

Memuat visi, misi, tujuan strategis, sasaran strategis  dan arah kebijakan dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo dengan mengacu pada kondisi kepegawaian yang ada di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo.

 

Bab V    :     Program Pembangunan

Memuat program-program dan kegiatan yang akan dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam mewujudkan visi dari Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Sidoarjo

 

Bab VI   :     Penutup


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s