LAPORAN PELAKSANAAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV ANGKATAN CXVII (117) PROPINSI JAWA TIMUR DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016 Sidoarjo, 11-11-2016

Posted on Updated on

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang saya hormati :

–    Bapak Bupati/ Wakil Bupati Sidoarjo

–    Saudara Kepala Badan Diklat Propinsi Jawa Timur atau yang mewakili;

–    Sekretaris Daerah dan Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo;

–    Peserta Diklatpim Tingkat IV Angkatan 117, dan hadirin undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah senantiasa kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berbagai kenikmatan,  taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka PENUTUPAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV ANGKATAN CXVII (117) PROPINSI JAWA TIMUR DI  KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Bapak Bupati Sidoarjo dan hadirin yang kami hormati,

Berikut ini  kami sampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan diklat sebagai berikut :

DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV ANGKATAN CXVII (117) PROPINSI JAWA TIMUR DI  KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016 diselenggarakan mulai   1 Agustus sampai dengan 11 November 2016 dengan metode pembelajaran pada saat in class bertempat di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jl. Mojopahit  No. 5  Sidoarjo dan pada saat out class bertempat di instansi masing-masing.

Target group peserta yang mengikuti Diklatpim Tingkat IV ini merupakan 1 (satu) angkatan,  yang terdiri dari 30 (tiga puluh) orang berasal dari pejabat eselon IV dan eselon V di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Adapun materi diklat yang telah diajarkan sebagai berikut:

Ceramah Strategi dan Kebijakan Pengembangan SDM ASN, Berpikir Kreatif dan Inovasi, SANKRI, Pembekalan Isu Strategis, Diagnostic Reading, Konsep Proyek Perubahan, Membangun Komitmen Bersama, Penjelasan Benchmarking, Berpikir Kreatif dan Inovasi, Pengenalan Potensi Diri, Kecerdasan Emosional, Membangun Tim Efektif dan Koordinasi/Kolaborasi, Pembekalan Rancangan Proyek Perubahan dan Implementasi Proyek Perubahan.

Selanjutnya untuk menumbuhkan kebersamaan dan kerjasama, peserta melaksanakan Dinamika Kelompok/ Outbond ke Grand Trawas Mojokerto.

Pada Diklatpim Tingkat IV kali ini, peserta melaksanakan beberapa kunjungan/visitasi yang pertama ke Trowulan Mojokerto untuk materi Pilar-pilar Kebangsaan, kedua visitasi ke Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA)  Pemkot Surabaya, untuk materi Diklat  Standar Etika Publik, dan ketiga Benchmarking  ke Best Practice ke Kota Surakarta yang diselenggarakan pada 31 Agustus sd  3 September 2016 dengan 3 (tiga) lokus. Lokus yang pertama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dengan program unggulan “Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS)”. Lokus yang kedua Puskesmas Sibela Kota Surakarta bersertifikasi ISO dengan program unggulan “Pelayanan prima puskesmas dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) dan aplikasi P-Care. Lokus yang ketiga Kantor Kecamatan Laweyan bersertifikasi ISO dengan program unggulan “Fasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kekayaan budaya”

Selanjutnya kami laporkan juga bahwa Peserta Diklatpim Tingkat IV telah melaksanakan 2 (dua) kali seminar. Pertama Seminar Rancangan Proyek Perubahan pada tanggal 8 September 2016, kedua Seminar Laboratorium Kepemimpinan pada tanggal 9 November 2016. Pada saat seminar dihadiri masing-masing mentor dari peserta Diklatpim Tingkat IV.

Bapak Bupati Sidoarjo dan hadirin yang kami hormati,

Pada akhirnya kami laporkan bahwa sesuai dengan Hasil Rapat Koordinasi dan Evaluasi Panitia Penyelenggara Diklatpim IV Badan Diklat Provinsi Jawa Timur pada hari KAMIS tanggal 10 November 2016 bertempat di Badan Diklat propinsi Jawa Timur memutuskan :

 Semua peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang dinyatakan LULUS.

Dari 30 orang yang lulus, dengan kualifikasi:

  • Sangat memuaskan: 7    (tujuh) orang
  • Memuaskan: 23  (dua puluh tiga) orang

Dengan peringkat 10 (sepuluh) besar sebagai berikut:

  1. IRA KRISNAWATI, S.Kom
  2. YUNI LUKITANINGDYAH W.S, S.E
  3. MURSALIM, ST
  4. BONDAN ASWINDAR
  5. MUHAMMAD LUTHFI
  6. ISTIQLALIYAH JULIA ANGGRAENI, S.KM
  7. EKA KURNIA JOHAR RINA, S.ST
  8. YUNIA FAUZIAH, SE, Ak.
  9. CHOIRUL ANAM, ST
  10. SARWO EDI, SE, MM

Dari peringkat 10 (sepuluh) besar tersebut disampaikan bahwa predikat 3 (tiga) besar sebagai berikut :

Pertama: IRA KRISNAWATI, S.Kom dari Badan Kepegawaian Daerah Kab. Sidoarjo dengan judul proyek perubahan  “Peningkatan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Melalui Revitalisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian untuk Mewujudkan Tertib Administrasi Kepegawaian”

Kedua: YUNI LUKITANINGDYAH W.S, S.E dari Dinas Kesehatan dengan judul proyek perubahan “Peningkatan Kualitas Tata Kelola Administrasi Layanan Kesehatan Berrbasis Teknologi Informasi”.

Ketiga: MURSALIM, ST dari Dinas PU Bina Marga dengan judul proyek perubahan “Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Aparatur Bina Marga dalam Pengelolaan Jalan Melalui Pembentukan Satgas Pemeliharaan Jalan”.

Kepada seluruh peserta yang lulus berhak mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan.

Sebagai tambahan informasi, dalam rangka mendukung kegiatan promosi Produk Inovasi Administrasi Negara disampaikan bahwa Lembaga Administrasi Negara (LAN) akan melakukan pengumpulan Proyek Perubahan dari 10 (sepuluh) predikat terbaik untuk dilakukan proses seleksi dan dipublikasikan. Hal ini berdasarkan Surat LAN R.I Nomor 3068/K.I/K81.04 tanggal 24 Oktober 2016 Perihal Pengumpulan Data Alumni.

Selain itu terhadap seluruh Proyek Perubahan yang telah dilakukan oleh seluruh alumni, ke depan akan dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Lembaga Administrasi negara yang ingin mengetahui sejauh mana Proyek Perubahan benar-benar diimplementasikan pada masing-masing SKPD.

Kami juga melaporkan bahwa monitoring dan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan implementasi dari proyek perubahan yang telah dibuat oleh alumni peserta Diklatpim Tingkat IV Tahun 2015 telah selesai dilaksanakan. Tujuan kami melaksanakan monitoring dan evaluasi itu tiada lain agar proyek-proyek perubahan yang telah dilaksanakan peserta tersebut bisa berkesinambungan secara berkelanjutan dan mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik dari kinerja sebelumnya.

Demikian Laporan DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV ANGKATAN CXVII (117) PROPINSI JAWA TIMUR DI  KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016.  Selanjutnya kami mohon dengan hormat Bapak Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Sidoarjo berkenan memberikan pengarahan.

Sekian terima kasih, Wassalamu’alaikum wr. wb

 KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

KABUPATEN SIDOARJO

 

 

 SRI WITARSIH, SH

Pembina Utama Muda

NIP. 19611201 199103 2 003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s