SAMBUTAN PENGARAHAN PEMBEKALAN DAN UJIAN DINAS TINGKAT I PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016 SIDOARJO, 24 OKTOBER 2016

Posted on Updated on

Oleh KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
KABUPATEN SIDOARJO

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA

YANG SAYA HORMATI :

  • PANITIA PELAKSANAAN PEMBEKALAN DAN UJIAN DINAS TINGKAT I
  • PARA PESERTA DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA;

MENGAWALI PERTEMUAN HARI INI, SAYA MENGAJAK HADIRIN SEMUA UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA KEPADA KITA SEMUA SEHINGGA KITA BISA BERTEMU DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT UNTUK MENGIKUTI ACARA PEMBEKALAN DAN UJIAN DINAS TINGKAT I PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016.


H
ADIRIN YANG BERBAHAGIA

SEBAGAIMANA DIKETAHUI BERSAMA, BAHWA  PERATURAN NO 12 TAHUN 2002 MENYATAKAN BAHWA KENAIKAN PANGKAT BAGI PNS MERUPAKAN SALAH SATU CARA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI KERJA DAN PENGABDIAN PNS KEPADA NEGARA. SECARA TEGAS DISEBUTKAN BAHWA KENAIKAN PANGKAT BUKANLAH HAK, NAMUN PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN OLEH PEJABAT BERWENANG KARENA PRESTASI KERJA YANG DIPEROLEHNYA SESUAI DENGAN PERSYARATAN DAN PERATURAN YANG BERLAKU.

AGAR KENAIKAN PANGKAT DAPAT DIRASAKAN SEBAGAI PENGHARGAAN MAKA KENAIKAN SEYOGYANYA DIBERIKAN SECARA ADIL DENGAN MEKANISME YANG BERDASARKAN ASAS KOMPETENSI. TERKAIT DENGAN KENAIKAN PANGKAT, PEMERINTAH TELAH MENETAPKAN MEKANISME BERUPA UJIAN DINAS TINGKAT I UNTUK MEMFASILITASI PNS YANG BERPANGKAT PENGATUR TINGKAT I GOLONGAN RUANG II/d DAN TELAH MEMENUHI SYARAT YANG TELAH DITENTUKAN (SEKURANG-KURANGNYA 2 TAHUN DALAM PANGKAT II/d DAN SYARAT-SYARAT LAINNYA) UNTUK DAPAT DINAIKKAN PANGKATNYA SETINGKAT LEBIH TINGGI PADA PENATA MUDA GOLONGAN RUANG III/a.

PERTANYAANNYA ADALAH KENAPA SAUDARA-SAUDARA HARUS MENGIKUTI UJIAN DINAS? HAL INI BIASANYA LUPUT DARI PERHATIAN. PADAHAL JAWABAN DARI PERTANYAAN ITU MERUPAKAN ESENSI DAN INTI DARI PENYELENGGARAAN UJIAN DINAS. INTINYA ADALAH SEBELUM NAIK KE GOLONGAN / PANGKAT YANG LEBIH TINGGI MAKA SAUDARA-SAUDARA DIWAJIBKAN MENGUASAI DAN LULUS TERKAIT MATERI-MATERI YANG AKAN DIUJIKAN. MATERI-MATERI ITU ADALAH:

  • PANCASILA, UUD 1945,
  • PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI BIDANG KEPEGAWAIAN,
  • KORPRI,
  • PENGETAHUAN PERKANTORAN,
  • TUGAS POKOK FUNGSI STRUKTUR ORGANISASI DAN TATAKERJA INSTANSI YANG BERSANGKUTAN,
  • PENGETAHUAN MENGENAI BIDANG SUBSTANTIF INSTANSI YANG BERSANGKUTAN DAN PENGETAHUAN LAIN,
  • BAHASA INDONESIA DAN TERAKHIR ADALAH MATERI TENTANG SEJARAH INDONESIA.

 

HADIRIN YANG BERBAHAGIA

DI ERA UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG ASN, KENAIKAN JABATAN SANGAT BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN KARIER. PENGEMBANGAN KARIER DAPAT KITA ARTIKAN SEBAGAI SEBUAH PERGERAKAN VERTIKAL DARI PANGKAT DAN JABATANNYA SEMULA, KE ARAH YANG LEBIH TINGGI LAGI. BERKENAAN DENGAN PENGAMBANGAN KARIER INI UU ASN MEMBERIKAN ISYARAT UNTUK MEMPERHATIKAN ENAM HAL SEBAGAIMANA TERCANTUM DALAM PASAL 69 AYAT 1 DAN 2, YAKNI:

  1. KUALIFIKASI,
  2. KOMPETENSI,
  3. KINERJA,
  4. KEBUTUHAN ORGANISASI,
  5. MEMPERTIMBANGKAN INTEGRITAS,
  6. MEMPERTIMBANGKAN MORALITAS.

KUALIFIKASI YANG DIMAKSUD SANGAT BERKAITAN ERAT DENGAN PENGKLASIFIKASIAN JABATAN YANG DIAMANATKAN DALAM PASAL 68. SETELAH DILAKUKAN PENGKLASIFIKASI JABATAN MAKA TENTUNYA AKAN MENGERUCUT PADA KETENTUAN JABATAN TERTENTU YANG DIISI OLEH PEGAWAI DENGAN KUALIFIKASI TERTENTU. PEGAWAI YANG TIDAK SESUAI DENGAN KUALIFIKASI JABATAN TERSEBUT OTOMATIS GUGUR DAN TAK DAPAT MENEMPATI JABATAN TERSEBUT. KUALIFIKASI INI DAPAT DILIHAT DARI SENIORITAS DAN DAFTAR URUT KEPANGKATAN.

KOMPETENSI YANG DIMAKSUD DI ATAS BERUPA KOMPETENSI TEKNIS (PENDIDIKAN, DIKLAT TEKNIS DAN PENGALAMAN), KOMPETENSI MANAJERIAL (TINGKAT PENDIDIKAN, DIKLAT STRUKTURAL DAN PENGALAMAN) DAN KOMPETENSI SOSIOKULTURAL YANG BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN PEGAWAI DALAM MEMAHAMI KONDISI MASYARAKAT YANG DILAYANI.

UNTUK MENDORONG AGAR BERBAGAI MACAM KOMPETENSI ITU BISA TERPENUHI, MAKA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH YANG MEMILIKI KEWENANGAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEGAWAI MENYELENGGARAKAN DIKLAT PEGAWAI ASN BERBASIS KOMPETENSI YANG DILAKUKAN SECARA TERPROGRAM, SISTEMATIS DAN BAKU SEPERTI MELALUI UNIT TRAINING OF COMPETENCE (UTC BKD) DAN DIKLAT TEKNIS FUNGSIONAL LAINNYA. KITA SEMUA BERHARAP AGAR BERBAGAI UPAYA DAN LANGKAH YANG TELAH DIJALANKAN OLEH BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH ITU SUNGGUH-SUNGGUH BISA BERMANFAAT UNTUK MENDORONG PENGEMBANGAN KARIER SAUDARA SEKALIAN.

 

HADIRIN YANG BERBAHAGIA

          SAUDARA-SAUDARA PESERTA UJIAN DINAS AKAN DIBEKALI DENGAN BERBAGAI MATERI YANG NANTINYA AKAN DIUJIKAN DAN DILANJUTKAN DENGAN PELAKSANAAN UJIAN DINAS TINGKAT I. IKUTILAH PELAKSANAAN PEMBEKALAN DAN UJIAN DINAS DENGAN SEBAIK-BAIKNYA DAN JAGALAH KESEHATAN. SEBAB UJIAN DINAS TINGKAT I INI MENUNTUT FISIK YANG PRIMA DAN KONSENTRASI YANG TINGGI.

          SAYA SAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA SEMUA PIHAK YANG TELAH MEMBANTU TERSELENGGARANYA ACARA INI. SEMOGA DENGAN ADANYA UJIAN DINAS INI, AKAN TERWUJUD SDM APARATUR YANG LEBIH BERKOMPETEN DAN PROFESIONAL DALAM TUGAS-TUGAS PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA. DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN DAN  TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA. WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

            ttd

KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

 

SRI WITARSIH, SH

Pembina Utama Muda

NIP. 19611201 199103 2 003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s