SAMBUTAN PENERIMAAN BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN I KABUPATEN SRAGEN

Posted on Updated on

BUPATI SIDOARJO

SAMBUTAN PENERIMAAN
BENCHMARKING KE BEST PRACTICE

DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN I
KABUPATEN SRAGEN

LOKUS:
BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT)
DINAS PU BINA MARGA
DINAS KESEHATAN

Sidoarjo,     Agustus 2016

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang saya hormati :

  1. Pimpinan Rombongan dan Pendamping Peserta Benchmarking Diklatpim IV  Angkatan 1 Kab. Sragen,
  2. Nara Sumber dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT), Nara Sumber dari PU Bina Marga, dan Nara Sumber dari Dinas Kesehatan,
  3. Peserta Diklat dan Undangan yang berbahagia.

SEBELUMNYA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH SWT ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, SEHINGGA PADA PAGI HARI INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL-AFIAT KITA DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI PENERIMAAN  BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN I KAB. SRAGEN DAN TAK LUPA SEBELUMNYA ATAS NAMA PEMKAB SIDOARJO KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG KEPADA SAUDARA-SAUDARA SEMUANYA.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SEBAGAIMANA DIKETAHUI BAHWA SEMAKIN MENINGKATNYA TUNTUTAN MASYARAKAT ATAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG PROFESIONAL, BERSIH, ADIL, TRANSPARAN, DAN AKUNTABEL, HARUS DISIKAPI DENGAN SERIUS DAN RESPONSIF. PENYELENGGARA NEGARA HARUS MEMILIKI KOMITMEN BERSAMA UNTUK MENEGAKKAN TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD GOVERNANCE DAN CLEAN GOVERNMENT). DIHARAPKAN DENGAN ADANYA KOMITMEN BERSAMA  MAKA KINERJA ATAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN MENJADI PERHATIAN UTAMA UNTUK DITINGKATKAN SECARA TERUS MENERUS KE ARAH YANG SEMAKIN BAIK.

KHUSUS TERKAIT DENGAN BIDANG PELAYANAN PERIJINAN YANG MENJADI TUJUAN BENCHMARKING, SECARA UMUM BISA DISAMPAIKAN BAHWA SEJAK TAHUN 2001, PEMKAB SIDOARJO MEMBENTUK LEMBAGA YANG KHUSUS MENANGANI PERIJINAN SATU PINTU YAITU DINAS PERIJINAN DAN PENANAMAN MODAL (DPPM) DENGAN KEWENANGAN PENANDATANGANANNYA DISERAHKAN SEPENUHNYA KEPADA INSTANSI YANG KINI BERUBAH NAMA MENJADI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT).

SECARA BERTAHAP JUMLAH IJIN YANG DITANGANI TERUS MENINGKAT DARI YANG SEMULA HANYA MENANGANI 15 JENIS IJIN USAHA MAKA PADA SAAT INI TELAH MENINGKAT SEBANYAK 73 JENIS IJIN, YANG DIKUATKAN DENGAN  PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2008 DAN PERATURAN BUPATI SIDOARJO NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG RINCIAN TUGAS, FUNGSI DAN TATA KERJA BPPT.

INOVASI PELAYANAN PRIMA DI BIDANG PERIJINAN DILAKSANAKAN OLEH BPPT DENGAN MENERBITKAN BERBAGAI PROGRAM YANG BERTUJUAN AGAR  INVESTOR ATAU PELAKU USAHA BISA SEMAKIN CEPAT TERLAYANI. MISALNYA DENGAN MEMBUKA PERIJINAN SISTEM 1 (SATU) PAKET MELIPUTI PERUBAHAN STATUS TANAH SAWAH, IMB, HO, SIUP, TDP DAN TDI DISELESAIKAN DALAM JANGKA WAKTU 14 HARI. HAL INI DIKUATKAN DENGAN PERATURAN BUPATI NOMOR 39 TAHUN 2011 TENTANG PENERBITAN PERIJINAN 1 (SATU) PAKET.

DENGAN KEMUDAHAN DAN KECEPATAN PELAYANAN PERIJINAN INI, TERBUKTI PARA PELAKU USAHA TERTARIK UNTUK MEMBUKA USAHA SERTA MENGINVESTASIKAN MODALNYA KE WILAYAH SIDOARJO, YANG PADA GILIRANNYA AKAN MAMPU MENAMBAH KAPASITAS FISKAL DAERAH, MEMBUKA LAPANGAN KERJA SERTA MENUMBUHKAN CLUSTER-CLUSTER EKONOMI BARU DI WILAYAH KABUPATEN SIDOARJO.

 

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SALAH SATU LAYANAN PUBLIK YANG JUGA MENJADI FOKUS PEMBENAHAN DI PEMKAB SIDOARJO ADALAH BIDANG INFRASTRUKTUR JALAN YANG MENJADI FOKUS DARI DINAS PU BINA MARGA. SEBAGAIMANA DIKETAHUI BAHWA  DINAS PU BINA MARGA TELAH MELAUNCHING SALAH SATU INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERUPA APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT KONDISI JALAN YANG DIBERI NAMA “M-BONK SIDOARJO” KERJASAMA DENGAN MICROSOF DAN CITYNET.

BEBERAPA HAL YANG MELANDASI DIBUATNYA APLIKASI M-BONK DI ANTARANYA KETERLAMBATAN PENANGANAN KERUSAKAN JALAN SEHINGGA BERDAMPAK PADA TERGANGGUNYA AKTIVITAS EKONOMI DAN MOBILITAS DI MASYARAKAT.

KELUHAN MASYARAKAT AKAN LEBIH CEPAT DIRESPON BILA ADA SATU APLIKASI YANG FOKUS TERKAIT DENGAN KEADAAN JALAN. DIHARAPKAN JUGA DENGAN ADANYA APLIKASI YANG MURAH DAN CEPAT INI, KEPEDULIAN MASYARAKAT AKAN KONDISI JALAN SEMAKIN MENINGKAT SEBAGAI BAGIAN DARI PEMBANGUNAN BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT.

KE DEPAN, PEMBENAHAN INFRASTRUKTUR JALAN ATAU BAHASA JAWANYA “EMBONG” AKAN TERUS DITINGKATKAN KUALITASNYA. DARI YANG SEMULA JALAN ASPAL MENJADI BETON DENGAN SISTEM DICOR KARENA TERBUKTI AKAN LEBIH AWET/  TAHAN LAMA SEKALIGUS MENGHEMAT ANGGARAN. ADAPUN ANGGARAN YANG BIASANYA DIGUNAKAN UNTUK PENGASPALAN JALAN BISA DIALOKASIKAN UNTUK PEMBANGUNAN SEKTOR YANG LAIN YANG SANGAT DIBUTUHKAN OLEH MASYARAKAT.

 

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

DI BIDANG KESEHATAN BISA DIURAIKAN BAHWA SALAH SATU INOVASI DINAS KESEHATAN ADALAH PEMBENTUKAN POS PEMBINAAN TERPADU (POSBINDU) DALAM RANGKA PENINGKATAN DETEKSI DIRI, PEMERIKSAAN KESEHATAN DASAR DAN PEMERIKSAAN PENUNJANG, PEMBINAAN DAN PENGENDALIAN FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR SEPERTI HIPERTENSI, DIABETES MILLITUS, JANTUNG KORONER,  STROKE, GULA DAERAH, KOLESTEROL ATAU ASAM URAT.

SAAT INI DI SIDOARJO SUDAH TERBENTUK 42 UNIT POSBINDU YANG TERSEBAR DI 26 PUSKESMAS. DALAM PERKEMBANGANNYA, POSBINDU JUGA DIBENTUK DI 16 SKPD DI LINGKUNGAN PEMKAB SIDOARJO DENGAN JUMLAH KADER SEBANYAK 80 ORANG DENGAN RATA-RATA 5 ORANG DI SETIAP SKPD.  PARA KADER INI DILATIH UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN DI UNIT  KERJANYA DAN MEMPEROLEH PENDAMPINGAN DARI PUSKESMAS DAN DINAS KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN DI LAPANGAN.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

KAMI MENYADARI BAHWA PEMBANGUNAN DI SEMUA SEKTOR DI KABUPATEN SIDOARJO MEMERLUKAN WAKTU, TAHAPAN DAN BUKTI KERJA KERAS DARI SELURUH ELEMEN. PEMKAB SIDOARJO MEMBUTUHKAN SARAN DAN MASUKAN AGAR KAMI TERUS MAWAS DIRI. OLEH KARENA ITU KEHADIRAN SAUDARA-SAUDARA PESERTA BENCHMARKING DIKLATPIM TINGKAT IV KABUPATEN SRAGEN INI JUGA MERUPAKAN MEDIA KAMI UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI BAHWA SIDOARJO TERUS BERSEMANGAT TINGGI DALAM MENJALANKAN PROGRAM PEMBANGUNAN DENGAN TETAP MEMFOKUSKAN DIRI PADA OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DAN REFORMASI BIROKRASI.

DEMIKIAN SAMBUTAN YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN DAN MOHON MAAF YANG SEBESAR- BESARNYA, JIKA DALAM MENYAMBUT KEDATANGAN DAN MELAYANI KEPENTINGAN BAPAK – IBU  DI KABUPATEN SIDOARJO ADA YANG KURANG SEMPURNA. SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA, WALLAHUL MUWAFFIQ ILAA AQWAMIT THORIQ.  WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

 

BUPATI SIDOARJO

 

 

 

  1. SAIFUL ILAH, SH., M.HUM.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s