SAMBUTAN PENERIMAAN BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLATPIM TINGKAT III PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Posted on Updated on

BUPATI SIDOARJO

SAMBUTAN PENERIMAAN
BENCHMARKING KE BEST PRACTICE

DIKLATPIM TINGKAT III
PROVINSI SULAWESI TENGGARA

LOKUS:
DINAS PENDIDIKAN, DINAS KESEHATAN, DINSOSNAKER,
DAN DISKOPERINDAG

Sidoarjo,   1 September 2016

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang saya hormati :

  1. Pimpinan Rombongan dan Pendamping Peserta Benchmarking Diklatpim III  Provinsi Sulawesi Tenggara.
  2. Nara Sumber dari DINAS PENDIDIKAN, DINAS KESEHATAN, DINSOSNAKER dan DISKOPERINDAG
  3. Peserta Diklat dan Undangan yang berbahagia.

SEBELUMNYA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH SWT ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, SEHINGGA PADA PAGI HARI INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL-AFIAT KITA DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI PENERIMAAN  BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLATPIM TINGKAT III PROVINSI SULAWESI TENGGARA DAN TAK LUPA SEBELUMNYA ATAS NAMA PEMKAB SIDOARJO KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG KEPADA SAUDARA-SAUDARA SEMUANYA.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SEBAGAIMANA DIKETAHUI BAHWA SAAT INI TUNTUTAN MASYARAKAT ATAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG PROFESIONAL, BERSIH, ADIL, TRANSPARAN, DAN AKUNTABEL, HARUS DISIKAPI DENGAN SERIUS DAN RESPONSIF. PENYELENGGARA NEGARA HARUS MEMILIKI KOMITMEN BERSAMA UNTUK MENEGAKKAN TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD GOVERNANCE DAN CLEAN GOVERNMENT). DIHARAPKAN DENGAN ADANYA KOMITMEN BERSAMA  MAKA KINERJA ATAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI SEMUA BIDANG DAN SEMUA PROGRAM AKAN SEMAKIN BAIK.

TERKAIT DENGAN TUJUAN BENCHMARKING YAITU BIDANG PENDIDIKAN, BISA DISAMPAIKAN BAHWA DI KABUPATEN SIDOARJO SAAT INI SELAIN MELAKSANAKAN PROGRAM PENDIDIKAN REGULER, JUGA MENERAPKAN SISTEM PENYELENGGARAAN SPP-SKS (SATUAN PENDIDIKAN PENYELENGGARA – SISTIM KREDIT SEMESTER) DI TINGKAT SMP DAN SMA.  DI SMP NEGERI SAAT INI ADA 4 (EMPAT) SEKOLAH YANG MENERAPKAN SISTEM SPP-SKS YAKNI SMP NEGERI 1, SMP NEGERI 3, SMP NEGERI 5 DAN SMP NEGERI 1 SEDATI. SEMENTARA SMA NEGERI ADA 6 (ENAM) SEKOLAH, YAKNI: SMA NEGERI 1, SMA NEGERI 2, SMA NEGERI 3, SMA NEGERI 1 KRIAN, SMA NEGERI 1 TAMAN DAN  SMA NEGERI 1 KREMBUNG.

ALASAN DAN DASAR DITERAPKANNYA SPP-SKS DI KABUPATEN SIDOARJO ADALAH PASAL 12 AYAT (1) UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL YANG MENYATAKAN BAHWA SETIAP SISWA PADA SETIAP SATUAN PENDIDIKAN BERHAK MENDAPATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN SESUAI  BAKAT, MINAT, DAN KEMAMPUANNYA. SERTA MENYELESAIKAN PROGRAM PENDIDIKAN SESUAI DENGAN KECEPATAN BELAJAR MASING-MASING DAN TIDAK MENYIMPANG DARI KETENTUAN BATAS WAKTU YANG DITETAPKAN.

DI BIDANG KESEHATAN, BISA DIURAIKAN SALAH SATU INOVASI DINAS KESEHATAN ADALAH PEMBENTUKAN POS PEMBINAAN TERPADU (POSBINDU) DALAM RANGKA PENINGKATAN DETEKSI DIRI, PEMERIKSAAN KESEHATAN DASAR DAN PEMERIKSAAN PENUNJANG, PEMBINAAN DAN PENGENDALIAN FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR SEPERTI HIPERTENSI, DIABETES MILLITUS, JANTUNG KORONER,  STROKE, GULA DAERAH, KOLESTEROL ATAU ASAM URAT.

SAAT INI DI SIDOARJO SUDAH TERBENTUK 42 UNIT POSBINDU YANG TERSEBAR DI 26 PUSKESMAS. DALAM PERKEMBANGANNYA, POSBINDU JUGA DIBENTUK DI 16 SKPD DI LINGKUNGAN PEMKAB SIDOARJO DENGAN JUMLAH KADER SEBANYAK 80 ORANG DENGAN RATA-RATA 5 ORANG DI SETIAP SKPD.  PARA KADER INI DILATIH UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN DI UNIT  KERJANYA DAN MEMPEROLEH PENDAMPINGAN DARI PUSKESMAS DAN DINAS KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN DI LAPANGAN.

DI BIDANG SOSIAL KETENAGAKERJAAN, PEMKAB SIDOARJO MENYADARI BAHWA PENCIPTAAN LAPANGAN PEKERJAAN SANGAT DIPERLUKAN AGAR WARGA MASYARAKAT BISA MENGISI LOWONGAN-LOWONGAN YANG TERSEDIA SESUAI KEAHLIANNYA. ANGKA PENGANGGURAN BISA DITEKAN DAN BAHKAN KALAU BISA DIHILANGKAN SEHINGGA WARGA MASYARAKAT BISA MENCUKUPI KEBUTUHAN-KEBUTUHAN  DASAR DENGAN CARA MEMILIKI PEKERJAAN YANG LAYAK DAN MAMPU MENDORONG TERCIPTANYA KESEJAHTERAAN.

OLEH KARENA ITULAH DINAS SOSIAL TENAGA KERJA SECARA BERKALA  MENYELENGARAKAN BURSA TENAGA KERJA. DI EVENT TERSEBUT,  PERUSAHAAN YANG MEMILIKI KANTOR DAN TEMPAT PRODUKSI DI SIDOARJO MEMBUKA STAN DAN SECARA LANGSUNG MENYELENGGARAKAN PROSES SELEKSI KARYAWAN. DAN TERBUKTI WARGA MASYARAKAT SANGAT ANTUSIAS MENGIKUTI EVEN TERSEBUT.

DI BIDANG KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DAPAT DISAMPAIKAN BAHWA MELALUI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN, PEMKAB SIDOARJO TERUS BERSEMANGAT UNTUK MENDORONG AGAR WARGA MASYARAKAT BISA KREATIF DAN SECARA SWADAYA MEMBENTUK SENTRA-SENTRA INDUSTRI YANG SEMAKIN BERKEMBANG PESAT.

HAL INI SELARAS DENGAN TUJUAN PEMBENTUKAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN  (MEA) YANG TELAH DIBERLAKUKAN SEJAK 2015 YAITU TERWUJUDNYA KAWASAN YANG MEMILIKI PERKEMBANGAN EKONOMI YANG MERATA, KEMAMPUAN DAYA SAING DAN DINAMISME PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DENGAN MEMFASILITASI AKSES TERHADAP INFORMASI TERKINI, KONDISI PASAR, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM HAL PENINGKATAN KEMAMPUAN, KEUANGAN, SERTA TEKNOLOGI.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

PEMKAB SIDOARJO DALAM MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN DI SEMUA BIDANG MEMBUTUHKAN MASUKAN DAN SARAN, TERMASUK DARI SAUDARA-SAUDARA PESERTA BENCHMARKING SEHINGGA PROGRAM PEMBANGUNAN AKAN SEMAKIN SEMPURNA DAN LEBIH TEPAT SASARAN.

DEMIKIAN SAMBUTAN YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN DAN MOHON MAAF YANG SEBESAR- BESARNYA, JIKA DALAM MENYAMBUT KEDATANGAN DAN MELAYANI KEPENTINGAN BAPAK – IBU  DI KABUPATEN SIDOARJO ADA YANG KURANG SEMPURNA. SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA, WALLAHUL MUWAFFIQ ILAA AQWAMIT THORIQ.  WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

 

BUPATI SIDOARJO

 

 

 

  1. SAIFUL ILAH, SH., M.HUM.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s