PROPOSAL DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016

Posted on

                 Pendahuluan

Tujuan kegiatan pembangunan pada dasarnya adalah untuk membangun kualitas hidup manusia Indonesia yang lebih baik. Dampak kegiatan pembangunan bisa dilihat apabila terjadi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk melaksanakan kegiatan pembangunan di segala bidang diperlukan Aparatur Sipil Negara/ Pegawai Negeri Sipil  yang berkualitas tinggi dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

Aparatur Sipil Negara/ Pegawai Negeri Sipil  sebagai pelaksana pembangunan perlu terus dikembangkan kapasitas dan kompetensinya dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pada unit kerja masing-masing, sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna dengan baik. Oleh karena itu diperlukan Pendidikan dan Pelatihan PNS baik Diklat Pra jabatan maupun Diklat dalam jabatan (Diklat Stuktural, Diklat Teknis maupun Fungsional).

Tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengagendakan kembali kerjasama dengan Badan Diklat Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV sebagai upaya mengembangkan kapasitas dan kompetensi PNS  Pejabat eselon IV.

                Dasar Hukum

Dasar hukum penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  ini adalah  berlakunya seperangkat peraturan Perundang-undangan sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS);
  4. Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV.

    Tujuan dan Kompetensi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  mempunyai TUJUAN sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan eselon IV secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan instansinya.
  2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, KOMPETENSI yang dibangun pada Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang diindikasikan dengan kemampuan:

  1. Membangun karakter dan sikap perilaku integritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk menjunjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai, norma moralitas dan bertanggungjawab dalam memimpin unit instansi;
  2. Membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi;
    Melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi ke arah efektivitas dan efisien;
  3. Mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal organisasi dalam implementasi kegiatan unit instansinya.

    Peserta

Target group peserta yang akan mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini sebanyak 30 (tiga puluh) orang atau 1 (satu) Angkatan  yang berasal dari PNS eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

 Diklat Kepemimpinan Tingkat IV akan diselenggarakan mulai triwulan III (ketiga) tahun 2016  dengan metode pembelajaran pada saat in class bertempat di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jl. Mojopahit  No. 5  Sidoarjo dan pada saat out class bertempat di instansi masing-masing.

Tenaga Pengajar dan Materi

Tenaga pengajar Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini berasal dari :

  1. Badan Pendidikan dan Pelatihan Propinsi Jawa Timur;
  2. Perguruan Tinggi yang ditunjuk;
  3. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Materi yang akan diajarkan adalah Pengarahan Program dan Pre Test, Integritas, Dinamika Kelompok, Pilar-pilar Kebangsaan, Standart Etika Publik (dengan tambahan visitasi) Pembekalan Isu Aktual Substantif Lembaga, Diagnostic Reading, Kecerdasan Emosional, Pengenalan Potensi Diri, Berpikir Kreatif dan Inovasi, Membangun Tim Efektif, Koordinasi dan Kolaborasi, Merancang Proyek Perubahan, Benchmarking ke Best Practice, Seminar Presentasi Proyek Perubahan, Pembekalan Implementasi Proyek Perubahan, Seminar Laboratorim Kepemimpinan dan Evaluasi serta ditutup dengan Post Test.

Pembiayaan

Biaya Penyelenggaraan Kegiatan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini dibebankan pada APBD Kabupaten Sidoarjo Tahun Anggaran 2016 dalam kegiatan Pendidikan Penjenjangan Struktural.

Sertifikat

Bagi peserta yang dinyatakan selesai dan dinyatakan lulus akan mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL), sedangkan peserta yang tidak lulus diberikan Surat Keterangan telah mengikuti Diklatpim Tingkat IV dari Badan Diklat Provinsi  Jawa Timur sebagai lembaga yang terakreditasi dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Penutup

Demikian proposal Diklatpim Tingkat IV Tahun 2016 ini untuk menjadikan periksa, dengan harapan dapatnya terwujud profesionalisme Aparatur Sipil Negara/ Pegawai Negeri Sipil di jajaran Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Sidoarjo,          Februari  2016

KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

KABUPATEN SIDOARJO

 

TTD

  

 SRI WITARSIH, SH

 Pembina Utama Muda

 NIP. 19611201 199103 2 003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s