KINERJA BKD SIDOARJO 2010 – 2016: Jejak Lima Tahun Kerja Keras

Posted on Updated on

  1. ASSESMENT UNTUK MUTASI MASUK

Sejak tahun 2010, mutasi masuk PNS di Sidoarjo dilaksanakan sebuah proses seleksi penilaian/ Assesment  yang dilaksanakan untuk mendapatkan PNS sesuai dengan standart kebutuhan yang dipersyaratkan Pemkab Sidoarjo. Hal ini didasarkan atas Formasi Kebutuhan sebagai dasar penerimaan dan yang masih kosong dan mengalami kekurangan.

Assesment juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi riil PNS, apa potensi dan kompetensi yang bisa dikembangkan. Sekaligus untuk menghindari masuknya PNS yang bermasalah di daerah asal/indispiner. Seleksi penilaian/asseesment kompetensi yang diujikan  meliputi Test Psikologi dan Test Kompetensi Komputer dan telah dilaksakan sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2016 ini.

  1. PENDAMPINGAN LHKPN BERSAMA KPK

Kewajiban Penyelenggara Negara untuk melaporkan harta kekayaan diatur dalam: Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme; Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi. Dalam upaya pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Dilaksanakan sejak tahun 2012 sebagai usaha pelaksanaan kepatuhan mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara. Dan Keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor: KEP. 07/KPK/02/2005 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pemeriksaan dan Pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Memfasilitasi semangat anti korupsi tersebut, BKD  menggandeng KPK sebagai lembaga  resmi negara yang memiliki kewenangan dalam pelaporan kekayaan negara, untuk melakukan pendampingan kepada para pejabat Pemkab Sidoarjo untuk membuat LHKPN.

Sampai kemudian ditetapkan dalam Perbub No. 8 Tahun 2013 tentang Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Dan akhirnya terwujud Pelaporan LHKPN dengan Capaian 100% pelaporan atas pejabat yang wajib lapor dan menyampaikan LHKPN yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang.

  1. PEMETAAN POTENSI PEJABAT STRUKTURAL

Tes Pemetaan Potensi PNS sebagai bahan pertimbangan untuk mengisi jabatan struktural di lingkungan Pemkab Sidoarjo dilakukan (job target) mulai Tahun 2012 sampai dengan Tahun 2013 untuk eselon III dan IV.

Pada Tahun 2014 tidak dilakukan job target karena ada perpanjangan Batas Usia Pensiun sehingga tidak ada pejabat struktural yang pensiun, dan baru pada tahun 2015 dilakukan kembali Tes Pemetaan Potensi (Job level) untuk jabatan struktural eselon II, III, dan sebagian IV sejumlah 393 orang dan direncanakan selesai pada Tahun 2017.

Pada Tahun 2016 ini, dilakukan Penyusunan Standar Kompetensi Teknis untuk jabatan fungsional umum khususnya Pengolah Data Kepegawaian, Pengoleh Data Keuangan, dan Pengolah Data Perencanaan dan Pelaporan.

  1. PENGELOLAAN ARSIP KEPEGAWAIAN SECARA ELEKTRONIK

BKD bertekad terus menerus untuk memperbaiki layanan kepegawaian. Salah satunya adalah penyediaan informasi data pegawai yang cepat dan akurat serta meningkatkan pelayanan kepegawaian yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Sebagaimana kebutuhan di zaman sekarang yang semua serba cepat, di bidang pengelolaan informasi kepegawaian sudah seyogyanya dimanfaatkan teknologi yang berbasis komputer untuk pengelolaan dokumen arsip kepegawaian secara elektronik.

Dalam pelaksanaan ini telah dihimpun data arsip elektronik atas 15.200 orang PNS sehingga dalam perkembangannya akan sangat efisien biaya karena hanya akan membutuhkan proses up date dan pemeliharaan saja.Hal ini sangat mempengaruhi mutu layanan dan kepuasan PNS dalam menerima layanan Administrasi yang praktis, cepat, dan akuntabel.

  1. SELEKSI CPNS DENGAN METODE CAT

Pemkab Sidoarjo pertama kali mengadakan SELEKSI PENERIMAAN CPNS dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) tahun 2013 sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan pelaksanaan seleksi secara transparan, akuntabel, adil, serta bebas KKN dalam rangka mendukung program Reformasi Birokrasi. Dan dikembangkan pada tahun 2014 dengan menambah jenis tes untuk melengkapi tes CAT, yaitu Tes Kompetensi Bidang TKB untuk mengetahui secara pasti kompetensi dan potensi bidang PNS yang akan diterima.

BKD bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional II Surabaya untuk menyelenggarakan tes CAT ini. BKN menyediakan fasilitas komputer dan tes CAT dilaksanakan secara bergelombang. Kelebihan tes dengan metode CAT adalah menjaga prinsip akuntabilitas, transparansi, bebas KKN dan fairness.

Sebab pelaksanaan seleksi CPNS dengan metoda CAT mempunyai keuntungan antara lain nilai hasil score ujian yang langsung saat itu juga dihasilkan, lebih akurat dan minim human error.

  1. TAMBAHAN PENGHASILAN PEGAWAI (TPP)

BKD Pemerintah Kabupaten Sidoarjo diberikan sejak Tahun 2013 dengan dasar perhitungan skor kehadiran pegawai (dari fingerscan).  Mulai Tahun 2015 dasar pemberian TPP tidak hanya mengggunakan skor kehadiran, tetapi juga mempertimbangkan kinerja PNS melalui nilai capaian kegiatan kedinasan/ aktifitas harian.

Pada tahun 2015 pemberian TPP diberikan dengan mempertimbangkan 15 % nilai capaian kegiatan kedinasan/ aktifitas harian dan 85 % skor kehadiran dan pada tahun 2016 ada peningkatan bobot kinerja pada nilai capaian kegiatan kedinasan/ aktifitas harian menjadi 25 % dan 75 % skor kehadiran.

Prosentase nilai capaian kegiatan kedinasan/ aktifitas harian di peroleh dari aplikasi SKP Online atau e-Kinerja  Ketentuan pemberian TPP dimaksud diatur dalam Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 5 Tahun 2015 dan Nomor 2 Tahun 2016, sebagaimana terlampir

  1. SKP ONLINE – E KINERJA

Pembangunan aplikasi dilakukan pada tahun 2014 (awal mula tahun diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 dan mengacu pada Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013.

Akhir Tahun 2014 tepatnya bulan Nopember dilakukan sosialisasi penggunaan SKP online kepada seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. SKP Online ini terdiri dari : SKP Tahunan dan Kegiatan Kedinasan atau aktifitas harian.

Mulai Januari Tahun 2015, SKP online telah diberlakukan bagi seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan SKP Tahunan wajib disusun oleh PNS melalui aplikasi ini sampai dengan Penilaian Prestasi Kerja PNS.

  1. UNIT TRAINING OF COMPETENCE (UTC)

 

UTC BKD SIDOARJO merupakan wadah pembelajaran kelompok dalam meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan SKPD. UTC diampu oleh pengajar dari PNS Kabupaten Sidoarjo dan juga menghadirkan pakar dalam pembelajaran.

Ada dua cara pelaksanaan program pembelajaran UTC. Pertama, peserta hadir di kelas yang disediakan oleh BKD dan dilaksanakan pembelajaran sesuai dengan materi kelompok belajar yang diampu oleh 1 orang instruktur sesuai dengan kompetensinya. Cara kedua, Panitia/instruktur hadir di SKPD untuk memberikan pelatihan di SKPD tersebut, yang sudah dilaksanakan pada tahun 2014 lalu pembelajaran bahasa inggris dengan peserta dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan instruktur hadir pada SKPD tersebut.

Program yang sudah dilaksanakan adalah: UTC Komputer mulai dari tahun 2013 s/d per 30 September 2015 sejumlah 48 kelompok pembelajaran dengan peserta total 480 orang. UTC Bahasa inggris mulai januari 2014 sampai 30 September 2015 sejumlah 37 kelompok pembelajaran dengan peserta total 370 orang. UTC Karya tulis bagi guru dalam rangka persiapan UKG tahun 2015 sejumlah 61 orang. UTC Protokol bagi seluruh SKPD tahun 2015 sejumlah 33 orang dan UTC barang jasa sejumlah 20 orang.

UTC  Komputer dilaksanakan mulai Januari s.d  5 Oktober 2015 sejumlah 49 kelompok pembelajaran dengan peserta total 490 orang (saat ini pembelajaran masih berlangsung sehingga target akan bertambah sesuai permintaan SKPD untuk meningkatkan kemampuan IT stafnya).

UTC bahasa Inggris dengan sasarannya adalah guru mata pelajaran bahasa inggris tingkat SMP untuk  meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dengan berbagi ilmu diantara guru mapel Bahasa Inggris tersebut dan juga dalam rangka menghadapi MEA.

Sebanyak 175 guru dilakukan PLACEMENT TEST (tulis dan wawancara) dengan menggunakan Lembaga yang terakreditasi untuk melakukan placement test tersebut. Dari hasil placement test ditetapkan 10 guru ranking tertinggi sebagai MENTOR untuk berbagi ilmu kepada sesama guru bahasa inggris (dengan tema yang ditetapkan dalam setiap kali pertemuan) sebanyak 165 orang yang terbagi dalam 16 kelompok (saat ini pembelajaran UTC bahasa inggris masih berlangsung s.d Nobember 2015).

Dari Hasil Placement Test ditemukan fakta bahwa masih adanya guru bahasa inggris yang lemah/kurang dalam Vocabulary (kosa kata), Grammar (tata bahasa), Listening (mendengar), Pronunciation (pengucapan).

Dari Hasil Pembelajaran UTC, guru bahasa inggris diharapkan memiliki Good Vocabulary (kosa kata baik), Good Grammar (tata bahasa baik), Good Listening (mendengar dengan baik), Good Pronunciation (pengucapan baik), Fluent (fasih), Culturally aware (sadar budaya) Know Phrases in Situations (tahu fase situasi).

Peserta yang sudah melaksanakan pelatihan UTC sesuai dengan kopetensi masing-masing mendapatkan surat keterangan mengikuti UTC yang ditanda tangani Kepala BKD. Instruktur yang sudah melaksanakan pembelajaran mendapat sertifikat sebagai pengajar. Progress report diberikan kepada kepala SKPD, sesuai dengan hasil pre test dan hasil evaluasi dari Panitia dan pos test.

  1. MONITORING DAN EVALUASI PROYEK PERUBAHAN

BKD Kabupaten Sidoarjo  melalui Bidang Diklat telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 90 (Sembilan puluh) proyek perubahan yang telah diimplementasikan oleh para Alumnus Diklatpim Tahun 2014, yaitu Diklatpim III  sebanyak 30 orang dan Diklatpim IV sebanyak 60 orang.

Tujuan dilakukan monev terhadap proyek perubahan adalah untuk mengetahui sejauh mana proyek perubahan tersebut diimplementasikan guna menunjang perubahan pada SKPD, untuk mengetahui perkembangan dan capaian hasil yang diperoleh dari prubahan tersebut.

Pelaporan Monitoring dan Evaluasi : Pelaporan hasil monev telah dilaporkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, dan bagi proyek perubahan yang implementasinya belum nyata atau proyek perubahannya yang membutuhkan pemantauan jangka panjang, maka dibuatkan surat kepada Kepala SKPD untuk memonitor penyelesaian keberhasilan proyek perubahan dimaksud.

  1. ALIH JABATAN FUNGSIONAL UMUM

Sebanyak 152 staf SKPD dalam Jabatan Fungsional Umum sebagai Caraka, Juru pungut, petugas kebersihan, pengemudi (dengan sebutan lainnya) dengan Tunjangan Penghasilan PNS (TPP) yang telah ditetapkan sebagai SK Bupati Sidoarjo, namun menghendaki kenaikan TPP dengan menjadi PENGADMINISTRASI  UMUM atau PENGOLAH DATA.

Guna memotivasi yang bersangkutan agar dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi BKD melaksanakan Test Kompetensi Alih Jenjang Jabatan Fungsional Umum.  Test tersebut dilakukan oleh Assessor BKD Kabupaten Sidoarjo berupa test psikologi (dengan dibentuk Tim Assessor) yang menentukan terhadap kemampuan yang bersangkutan layak tidaknya untuk naik jenjang, juga meyeleksi kesesuaian yang bersangkutan terhadap latar belakang pendidikan  yang dimiliki dibandingkan dengan jabatan fungsional umum yang dikehendaki.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Alih jabatan PNS Fungsional Umum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan sebagai wujud usaha penataan dan pengelolaan PNS dalam mewujudkan Manajemen PNS yang baik dan akuntabel.

Peserta yang dinyatakan lulus Uji Kompetensi diberikan Sertifikat oleh Pejabat yang berwenang di bidang Kepegawaian sebagai dasar dalam pengurusan administrasi kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Peserta yang dinyatakan lulus dengan catatan harus mengikuti uji kompetensi ulang untuk materi administrasi umum, komputer dasar ataupun keduanya dan akan dinyatakan lulus jika mampu mendapatkan nilai sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang telah ditentukan.

Selanjutnya dilakukan test tulis tata naskah dinas , test tulis (teori) computer, dan test praktek computer (world, excel , power point). Hasil test tersebut diserahkan kepada Bidang Pengembangan Pegawai dan Bidang Mutasi untuk tindak lanjutnya sesuai keentuan kepegawaian yang berlaku.

Terhadap 30 (tiga puluh) staf dinyatakan tidak lulus sehingga ybs tetap menduduki jabatan fungsional umum semula dan terhadap 32 (tiga puluh dua) staf dinyatakan lulus dengan catatan maka ybs harus mengikuti ujian ulang dan wajib mengikuti kegiatan pembelajaran UTC Komputer. Terhadap 90 (Sembilan puluh) yang dinyatakan lulus maka akan dilakukan proses penyesuaian oleh Bidang Pengembangan Pegawai dan dicatat pada SIMPEG.

  1. UJI KOMPETENSI GURU GOLONGAN II MELALUI SISTEM CAT

Berdasarkan UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Permenpan No. 16 tahn 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka kreditnya mengamanatkan bahwa guru pada tahun 2015 harus sarjana. Kenyataannya, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo banyak guru yang sudah memiliki kualifikasi pendidikan sarjana (S1) tetapi tidak memiliki ijin belajar sehingga proses kenaikan pangkat yang bersangkutan tidak dapat diproses.

Untuk mengatasi hal tersebut, bagi guru yang telah memiliki ijazah S1 linear akan tetapi belum memliki ijin belajar tersebut, maka kepada yang bersangkutan diterbitkan surat keterangan belajar sebagai pengganti surat ijin belajar dan dilakukan uji kompetensi agar bisa diangkat dalam pangkat sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.

Adapun pelaksanaan Uji Kompetensi Guru dilakukan pertama kali pada tahun 2013 dengan mekanisme pelaksanaan sebagai berikut : Membuat telaahan staf kepada Bapak Bupati Sidoarjo perihal Rencana Uji Kompetensi Guru, dilanjutkan dengan telaahan staf perihal Usulan Surat Keterangan sebagai Pengganti Izin Belajar bagi guru yang telah memiliki ijazah S1 linear.

Setelah disetujui oleh Bapak Bupati Sidoarjo selanjutnya BKD melakukan rapat dengan Dinas Pendidikan untuk memperoleh data-data guru yang telah memiliki ijazah S1 linear serta ditentukan bahwa UKG akan dilakukan dengan dua tes yaitu tes tertulis (membuat karya tulis) dan Computer Assisted Test (CAT).

BKD kemudian melakukan koordinasi dengan BKN terkait pelaksanaan UKG yang dikarenakan pelaksanaan UKG menggunakan sistem CAT sehingga hal tersebut perlu difasilitasi oleh BKN Kanreg II.

Setelah BKN Kanreg II bersedia memfasilitasi kegiatan dimaksud, BKD melakukan verifikasi data guru dari Dinas Pendidikan untuk menjadi calon peserta UKG. Setelah data diverifikasi oleh BKD sesuai dengan berkas yang dipersyaratkan dikirim ke BKN dan ditetapkan menjadi peserta.

  1. SIMPEG ONLINE MENUJU LAYANAN ADMINISTRASI KGB (KENAIKAN GAJI BERKALA) ONLINE

Berbagai usaha perbaikan, pemeliharaan, dan pembangunan sistem aplikasi yang dimiliki oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo diharapkan akan dapat memberikan peningkatan layanan administrasi maupun layanan data dalam penyajian data yang akurat, handal, dan dapat dipertanggung jawabkan.

Peningkatan layanan yang mengacu pada aspek Kecepatan dan efisiensi dituntut dalam setiap langkah perbaikan, pemeliharaan, dan pembangunan sistem aplikasi yang ada.

Peningkatan layanan aplikasi SIMPEG Online mendorong dilaksanakannya Layanan Administrasi Kenaikan Gaji Berkala yang usulan sebelumnya melalui surat dengan berbagai kelengkapannya secara hard file, melalui aplikasi SIMPEG Online mampu memberikan layanan Layanan Administrasi Kenaikan Gaji Berkala secara ONLINE.

Hal ini sangat mempengaruhi mutu layanan dan kepuasan PNS dalam menerima layanan Administrasi yang praktis, cepat, dan akuntabel.

  1. DHP (DAFTAR HADIR PEGAWAI) ONLINE

Dibuat pada awal Tahun 2015. Sosialisasi dilakukan pada bulan Agustus 2015. Dilakukan uji coba pada 4 SKPD dengan melakukan registrasi ulang sidik jari menggunakan ID PNS  sesuai dengang aplikasi SKP (terintegrasi).

Aplikasi ini memiliki fungsi: Merekam data daftar hadir PNS dalam satu database beserta bukti ketidakhadiran yang dikelola oleh BKD Untuk mengetahui Skor Kehadiran PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

  1. PENYUSUNAN KEBUTUHAN FORMASI ASN PEMKAB SIDOARJO TAHUN 2015 MELALUI SISTEM  E-FORMASI

Penyusunan Kebutuhan Formasi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui e-Formasi dilakukan mulai awal Tahun 2015 dengan batas waktu pengisian terakhir sampai dengan Mei 2015.  Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyampaikan hardcopy penyusunan formasi dimaksud pada tanggal 15 Mei 2015.

 Hasil evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Penyusunan Kebutuhan Formasi ASN melalui e-Formasi berdasarkan surat  Nomor : B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tanggal 30 Juni 2015 perihal Penundaan Penambahan Pegawai ASN Tahun 2015, disebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu dari 2 (dua) daerah di Provinsi Jawa Timur dengan Progres Pengisian e-Formasi mencapai 100 %

Selain melaui e-Formasi, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga melakukan Penyusunan Formasi berdasarkan format yang diminta BKN.

  1. USAHA PELAKSANAAN KENAIKAN PANGKAT REGULER DENGAN APLIKASI PAPERLESS

Perencanaan dan Pembangunan Program Aplikasi Kenaikan Pangkat (KP) dimulai sejak tahun 2015 untuk mulai digunakan pada Periode Pangkat Tahun 2016. BKD memahami perlunya sebuah sistem untuk pengelolaan data yang mendukung automasi, cepat, fleksibel, dan akurat untuk mendukung pelaksanaan pemerintahan yang akuntabel, transparan, serta bertanggung jawab. Sistem dibuat dengan database online, agar dapat diakses oleh banyak user secara bersamaan tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Mulai tahun 2016 (per April dan per Oktober) usulan kenaikan pangkat PNS tidak lagi menggunakan berkas kertas atau paperless. Usulan data cukup discam dan dikirimkan secara online ke BKD. Cara ini memberikana kemudahan dan kecepatan bagi PNS dalam proses usulan kenaikan pangkat tiap empat tahun sekali.

Selama ini, usulan kenaikan pangkat dengan menggunakan berkas kertas ditasa cukup merepotkan. Misalnya 1000 PNS naik pangkat, dan satu PNS harus mengirimkan data berupa lima dokumen rangkap dua maka ada ribuan lembar berkas yang akan menumpuk di BKD.

@@@

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s