SAMBUTAN PENERIMAAN OBSERVASI LAPANGAN DIKLAT TEKNIS PENGELOLAAN BARANG DAERAH ANGKATAN I BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA BARAT

Posted on Updated on

LOKUS: DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET (DPPKA) KABUPATEN SIDOARJO

Sidoarjo, Selasa 10  Mei 2016

======================================

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

YANG SAYA HORMATI :

  1. PIMPINAN ROMBONGAN DAN PENDAMPING PESERTA OBSERVASI LAPANGAN;
  2. KEPALA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SIDOARJO;
  3. PESERTA DIKLAT, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, ATAS BERKAT RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA KITA DAPAT BERKUMPUL DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT GUNA BERSAMA-SAMA MENERIMA ROMBONGAN OBSERVASI LAPANGAN DIKLAT TEKNIS PENGELOLAAN BARANG DAERAH ANGKATAN I BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA BARAT KE KABUPATEN SIDOARJO.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SEBAGAIMANA YANG KITA KETAHUI, ASET ATAU BARANG DAERAH MERUPAKAN SUMBER DAYA EKONOMI MILIK DAERAH YANG MEMPUNYAI PERAN DAN FUNGSI YANG STRATEGIS BAGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK KEPADA MASYARAKAT. ASET YANG DITATA DAN DIKELOLA DENGAN BAIK DAPAT MENJADI POTENSI SEBAGAI SUMBER PEMBIAYAAN PELAKSANAAN FUNGSI-FUNGSI PEMERINTAH DAERAH SERTA DAPAT PULA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM JUMLAH YANG SIGNIFIKAN.

NAMUN, JIKA TIDAK DIKELOLA DENGAN SEMESTINYA MAKA ASET TERSEBUT JUSTRU MENJADI BEBAN BIAYA KARENA SEBAGIAN DARI ASET MEMBUTUHKAN BIAYA PERAWATAN ATAU PEMELIHARAAN DAN JUGA TURUN NILAINYA (TERDEPRESIASI) SEIRING DENGAN PERJALANAN WAKTU.

PENATAUSAHAAN ASET DAERAH HARUS BERDASARKAN PADA KEBIJAKAN DAN REGULASI YANG TELAH DISEPAKATI BERSAMA ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN PEMERINTAH DAERAH SERTA PIHAK-PIHAK TERKAIT LAINNYA. SEJALAN DENGAN ITU, MAKA PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 17 TAHUN 2007 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH ANTARA LAIN DISEBUTKAN BAHWA PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH DILAKSANAKAN BERDASARKAN ASAS FUNGSIONAL, KEPASTIAN HUKUM, TRANSPARANSI DAN KETERBUKAAN, EFISIENSI, AKUNTABILITAS, DAN KEPASTIAN NILAI.

DI KABUPATEN SIDOARJO, DASAR HUKUM PELAKSANAAN PENGELOLAAN BARANG DAERAH ADALAH PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN SIDOARJO NOMOR 12 TAHUN 2008 TENTANG PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH. PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO BERKEWAJIBAN MELAKSANAKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA AMANAT PERDA TERSEBUT MULAI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN, KERANGKA AKUNTANSI DAN LAPORAN ASET BERBASIS AKRUAL.

PEMKAB SIDOARJO TERUS MENYEMPURNAKAN MANAJEMEN ASET MULAI PERENCANAAN, PENGADAAN, PENYIMPANAN, PENGGUNAAN/ PEMANFAATAN, PENATAUSAHAAN ASET DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI YANG BERTUJUAN AGAR SEMAKIN PROFESIONAL. TERMASUK PEMELIHARAAN, PENGAMANAN DAN PENGHAPUSAN, INVENTARISASI DAN UPDATE SERTA AKUNTANSI DAN PELAPORAN BARANG MILIK DAERAH.

DI MASING-MASING SKPD JUGA TELAH DISUSUN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) TENTANG PELAYANAN TATA LAKSANA DALAM KEGIATAN PENATAUSAHAAN BARANG MILIK DAERAH DI LINGKUNGAN PEMKAB. SIDOARJO DENGAN KEPUTUSAN SEKDA NO 188/6620/404.3.15/2014.

SECARA UMUM PEMKAB SIDOARJO BERSIKAP SANGAT HATI-HATI DALAM MELAKSANAKAN URUSAN PENGELOLAAN ASET DAERAH. SEBAB BAGAIMANAPUN TERTIB ADMISNISTRASI, TERMASUK ADMINISTRASI KEUANGAN HARUS BISA DIJAMIN JANGAN SAMPAI MEMBUAT KESALAHAN SEKECIL APAPUN, KARENA HAL ITU AKAN MENDATANGKAN PERSOALAN YANG JAUH LEBIH RUMIT DAN LEBIH BERAT.

ARTINYA KESALAHAN SEDIKIT SAJA DALAM PENATAUSAHAAN KEUANGAN AKAN MENIMBULKAN BERBAGAI TAFSIRAN TERMASUK MUNGKIN TUDUHAN PENYELEWENGAN. ITU SEBABNYA PARA PEMEGANG KAS KEGIATAN DAN KEUANGAN DI LINGKUP BAGIAN, BIDANG ATAU DINAS BERKEWAJIBAN UNTUK MEMAHAMI SECARA LENGKAP TENTANG BERBAGAI KETENTUAN YANG BERLAKU SEHINGGA BISA TERCAPAI KONDISI PENGELOLAAN ASET DAERAH YANG EFEKTIF, EFISIEN DAN AKUNTABEL.

 

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

DEMIKIAN SAMBUTAN SAYA, DAN KEPADA SAUDARA-SAUDARA PESERTA OBSERVASI LAPANGAN DIKLAT TEKNIS PENGELOLAAN BARANG DAERAH ANGKATAN I BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA BARAT KAMI PERSILAHKAN UNTUK MENGGALI INFORMASI YANG LEBIH MENDALAM DAN DETAIL KEPADA PEJABAT DI DPPKA YANG SECARA TEKNIS MENANGANI PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH.

KAMI MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA SEKIRANYA DALAM MENYAMBUT KEDATANGAN DAN MELAYANI KEPENTINGAN SAUDARA-SAUDARA ADA YANG KURANG BERKENAN.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA, WALLAHUL MUWAFFIQ ILAA AQWAMIT THORIQ.  WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

 SIDOARJO,     MEI  2016

BUPATI SIDOARJO

 

  1. SAIFUL ILAH, SH., M.HUM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s