BENCHMARKING DIKLATPIM IV PUSDIKLATWAS BPKP KE KAB SIDOARJO

Posted on Updated on

BUPATI  SIDOARJO

SAMBUTAN PENERIMAAN
BENCHMARKING KE BEST PRACTICE

DIKLATPIM TINGKAT IV PUSDIKLATWAS BPKP

LOKUS:
BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT) DAN KECAMATAN SUKODONO

Sidoarjo,     April  2016

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang saya hormati :

  1. Pimpinan Rombongan dan Pendamping Peserta Benchmarking Diklatpim IV  Pusdiklatwas BPKP;
  2. Nara Sumber dari BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT) dan NARA Sumber dari Kecamatan Sukodono
  3. Peserta Diklat, Hadirin dan Undangan yang berbahagia.

SEBELUMNYA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH SWT ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN HNIDAYAHNYA , SEHINGGA PADA PAGI HARI YANG BAIK INI , KITA MASIH DIBERI KESELAMATAN SERTA DALAM KEADAAN SEHAT WAL – AFIAT . DI KESEMPATAN INI PULA SAYA MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG KEPADA PENDAMPING DAN PESERTA BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLATPIM TINGKAT IV PUSDIKLATWAS BPKP.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SEBAGAIMANA DIKETAHUI BAHWA SEMAKIN MENINGKATNYA TUNTUTAN MASYARAKAT ATAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG PROFESIONAL, BERSIH, ADIL, TRANSPARAN, DAN AKUNTABEL , HARUS DISIKAPI DENGAN SERIUS DAN SISTEMATIS. PENYELENGGARA NEGARA HARUS MEMILIKI KOMITMEN BERSAMA UNTUK MENEGAKKAN TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH (GOOD GOVERNANCE DAN CLEAN GOVERNMENT).

DENGAN ADANYA KOMITMEN PEMERINTAH,  MAKA KINERJA ATAS PENYELENGGARAAN ORGANISASI PEMERINTAH MENJADI PERHATIAN UNTUK DIBENAHI SECARA TERUS MENERUS KE ARAH YANG MAKIN BAIK.

KHUSUS TERKAIT DENGAN BIDANG PELAYANAN PERIJINAN YANG MENJADI TUJUAN BENCHMARKING, SECARA UMUM BISA DISAMPAIKAN BAHWA SEJAK TAHUN 2001, PEMKAB SIDOARJO MEMBENTUK LEMBAGA YANG KHUSUS MENANGANI PERIJINAN SATU PINTU YAITU DINAS PERIJINAN DAN PENANAMAN MODAL (DPPM) DENGAN KEWENANGAN PENANDATANGANANNYA DISERAHKAN SEPENUHNYA KEPADA INSTANSI YANG KINI BERUBAH NAMA MENJADI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT).

SECARA BERTAHAP JUMLAH IJIN YANG DITANGANI TERUS MENINGKAT DARI YANG SEMULA HANYA MENANGANI 15 JENIS IJIN USAHA MAKA PADA SAAT INI TELAH MENINGKAT SEBANYAK 73 JENIS IJIN, YANG DIKUATKAN DENGAN  PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2008 DAN PERATURAN BUPATI SIDOARJO NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG RINCIAN TUGAS, FUNGSI DAN TATA KERJA BPPT.

INOVASI PELAYANAN PRIMA DI BIDANG PERIJINAN DILAKSANAKAN OLEH BPPT DENGAN MENERBITKAN BERBAGAI PROGRAM YANG BERTUJUAN AGAR  INVESTOR ATAU PELAKU USAHA BISA SEMAKIN CEPAT TERLAYANI. MISALNYA DENGAN MEMBUKA PERIJINAN SISTEM 1 (SATU) PAKET MELIPUTI PERUBAHAN STATUS TANAH SAWAH, IMB, HO, SIUP, TDP DAN TDI DISELESAIKAN DALAM JANGKA WAKTU 14 HARI. HAL INI DIKUATKAN DENGAN PERATURAN BUPATI NOMOR 39 TAHUN 2011 TENTANG PENERBITAN PERIJINAN 1 (SATU) PAKET.

DENGAN KEMUDAHAN DAN KECEPATAN PELAYANAN PERIJINAN INI, TERBUKTI PARA PELAKU USAHA TERTARIK UNTUK MEMBUKA USAHA SERTA MENGINVESTASIKAN MODALNYA KE WILAYAH SIDOARJO , YANG PADA GILIRANNYA AKAN MAMPU MENAMBAH KAPASITAS FISKAL DAERAH, MEMBUKA LAPANGAN KERJA SERTA MENUMBUHKAN CLUSTER-CLUSTER EKONOMI BARU DI WILAYAH KABUPATEN SIDOARJO.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SALAH SATU LAYANAN PUBLIK YANG JUGA MENJADI FOKUS PEMBENAHAN DI PEMKAB SIDOARJO ADALAH PELAYANAN DI 18 KECAMATAN. KOREKSI DAN PERBAIKAN TERHADAP MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN DILAKUKAN DENGAN MEMBUAT STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)  SERTA PRODUK-PRODUK PELAYANAN YANG INOVATIF DALAM RANGKA MEMPERMUDAH, MEMPERLANCAR DAN MEMPERCEPAT PELAYANAN PEMERINTAH KEPADA MASYARAKAT.

DITERBITKANNYA PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 4 (EMPAT) TAHUN 2010 TENTANG PEDOMAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) BERTUJUAN AGAR PELAYANAN SEMAKIN DEKAT DENGAN MASYARAKAT BERDASARKAN PADA PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PRIMA YAITU KESEDERHANAAN, KEJELASAN, KEPASTIAN WAKTU, AKURASI, KEAMANAN, TANGGUNG JAWAB, KELENGKAPAN SARANA DAN PRASARANA, KEMUDAHAN AKSES, KEDISIPLINAN KESOPANAN DAN KERAMAHAN/KENYAMANAN. DI SIDOARJO, PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU  TELAH DILAKSANAKAN SEJAK TAHUN 2011 DI  18 (DELAPAN BELAS) KECAMATAN. OLEH SEBAB ITU BISA DIKATAKAN BAHWA PEMKAB SIDOARJO TELAH MEMBUKA AKSES MASYARAKAT SELUAS-LUASNYA DALAM BERPARTISIPASI SECARA AKTIF DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK KHUSUSNYA PELAYANAN ADMINISTRASI YANG DISELENGGARAKAN OLEH KECAMATAN. DIHARAPKAN MASYARAKAT AKAN MERASAKAN KEPUASAAN DAN KENYAMANAN PADA SAAT MELAKUKAN KEPENGURUSAN ADMINISTRATIF DI KECAMATAN BISA TERWUJUD.

PERATURAN BUPATI NOMOR 78 TAHUN 2008 TENTANG PELIMPAHAN SEBAGIAN KEWENANGAN BUPATI KEPADA CAMAT, MENJADI DASAR HUKUM PELAKSANAAN PELIMPAHAN BEBERAPA JENIS PERIJINAN DAN NON PERIJINAN YANG SEBELUMNYA DILAKSANAKAN DI KABUPATEN DILIMPAHKAN KE KANTOR KECAMATAN.  TUJUANNYA ADALAH MEMPERMUDAH, MEMPERLANCAR, MEMPERCEPAT DAN MENDEKATKAN PELAYANAN PEMERINTAH KEPADA MASYARAKAT.

TERKAIT PELIMPAHAN SEBAGIAN KEWENANGAN BUPATI KEPADA CAMAT ITU BEBERAPA UNSUR SEPERTI; KEBIJAKAN, PROSEDUR, PERSONIL DAN ORGANISASI,  MENJADI PERHATIAN KHUSUS. MISALNYA  UNTUK MENJAMIN KEPASTIAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN DILAKSANAKAN DENGAN BAIK SESUAI KETENTUAN DAN TIDAK DISKRIMINATIF KEPADA SELURUH MASYARAKAT, MAKA CAMAT MENETAPKAN STANDAR OPERASI DAN PROSEDUR ( SOP ) PELAYANAN DENGAN KEPUTUSAN CAMAT.

UNTUK ITU, KAMI MEMPERSILAHKAN SAUDARA-SAUDARA PESERTA BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLATPIM TINGKAT IV PUSDIKLATWAS BPKP MENGAMATI DENGAN SEKSAMA INOVASI-INOVASI APA YANG TERKAIT DENGAN PELAYANAN-PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN SUKODONO MISALNYA PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP); KARTU KELURAGA (KK); SURAT PENGANTAR PINDAH; SURAT KETERANGAN PENCARI KERJA;  REKOMENDASI SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK); PENGESAHAN/ LEGALISIR SURAT KEPENDUDUKAN (LEGES); REKOMENDASI SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM); PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) RUMAH TINGGAL NON TINGKAT NON PERUMAHAN DENGAN LUAS DI BAWAH 200 M2; PENGESAHAN SURAT KETERANGAN WARIS DAN PENERBITAN SURAT PERUBAHAN HAK ATAS TANAH DAN INOVASI YANG LAIN MENYESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

DEMIKIAN SAMBUTAN YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN DAN MOHON MAAF YANG SEBESAR – BESARNYA, JIKA DALAM MENYAMBUT KEDATANGAN DAN MELAYANI KEPENTINGAN BAPAK – IBU  DI KABUPATEN SIDOARJO ADA YANG KURANG SEMPURNA. SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA, WALLAHUL MUWAFFIQ ILAA AQWAMIT THORIQ.  WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

SIDOARJO,   APRIL 2016

BUPATI SIDOARJO

ttd

SAIFUL ILAH, SH., M.HUM.

LAMPIRAN:
SURAT PENGANTAR KE BUPATI 2

20160421_091128

20160421_085533

20160421_093725

20160421_093713

20160421_093955

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s