PIDATO Pj. BUPATI SIDOARJO: SAMBUTAN PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTIVASI (WORK SMART) BAGI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 Jumat, 18 Desember 2015

Posted on Updated on

DSCN1423ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SELAMAT SORE DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA. YANG SAYA BANGGAKAN:

  • SEKRETARIS DAERAH KAB SIDOARJO;
  • STAF AHLI BUPATI;
  • PARA ASISTEN SEKRETARIAT DAERAH KAB SIDOARJO;
  • PARA KEPALA SKPD / CAMAT / KEPALA BAGIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KAB SIDOARJO;
  • INSTRUKTUR DARI DALE CARNEGIE;

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT ATAS SEMUA ANUGERAH-NYA SEHINGGA KITA DAPAT BERSAMA-SAMA MENGHADIRI ACARA PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTIVASI (WORK SMART) BAGI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 DALAM KONDISI YANG TERBAIK SEPERTI SAAT INI.

HADIRIN YANG SAYA BANGGAKAN,

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) APARATUR SIPIL NEGARA MERUPAKAN SALAH SATU SISTIM PEMBINAAN PEGAWAI YANG KESEMUANYA TERANGKUM DALAM MANAJEMEN KEPEGAWAIAN. MELALUI BERBAGAI MACAM DIKLAT, SUMBER DAYA APARATUR AKAN MENGALAMI PENINGKATAN KINERJA YANG SEMAKIN PROFESIONAL UNTUK MELAYANI KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG SEMAKIN BERKEMBANG.

OLEH KARENANYA AGAR SUMBER DAYA APARATUR MEMILIKI KINERJA YANG PROFESIONAL PERLU DITUNJANG JUGA DENGAN MOTIVASI YANG TINGGI DI TENGAH PERUBAHAN LINGKUNGAN POLITIK, EKONOMI, SOSIAL, TEKNOLOGI YANG BEGITU PESAT. SETIAP SAAT APARATUR DITUNTUT UNTUK BERADAPTASI PADA PERUBAHAN LINGKUNGAN TERSEBUT. SELAIN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR, YANG TIDAK KALAH PENTING ADALAH PERAN PARA PEJABAT DALAM BERPERAN DI DALAM INSTANSINYA. PEJABAT WAJIB BISA MEMBANGUN SIKAP MENTAL YANG SEHAT DAN POSITIF, SERTA BERPIKIR DAN BEKERJA CERDAS (WORK SMART) SEHINGGA ANTAR APARATUR BISA BEKERJASAMA SEBAIK-BAIKNYA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSINYA MASING-MASING.

PARA PEJABAT JUGA DIHARAPKAN MAMPU MEMBANGUN JARINGAN HUBUNGAN SOSIAL BAIK DENGAN SESAMA APARATUR DI DALAM INSTANSI, MAUPUN DENGAN PIHAK STAKEHOLDER DI LUAR INSTANSI AGAR PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN PARA APARATUR BISA BERTAMBAH SEHINGGA DAPAT MEMBERIKAN PENINGKATAN KUALITAS KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN YANG TERBAIK BAGI MASYARAKAT.

RASA PERCAYA (TRUST) PADA PEMERINTAH HANYA AKAN MUNCUL BILA APARATUR MENGEMBANGKAN SIFAT AMANAH, JUJUR, INTEGRITAS, DEDIKASI, KEDISIPLINAN YANG BERPEGANG PADA ETIKA BIROKRASI YANG BAIK DAN INI ADALAH ASPEK PENDUKUNG YANG UTAMA DARI GOOD GOVERNANCE.

PADA LEVEL ORGANISASI, ORIENTASI KEPEMIMPINAN YANG PALING SESUAI UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK ADALAH KEPEMIMPINAN YANG BERGAYA PARTISIPATIF DI MANA KREATIFITAS, INOVASI SERTA KEBERSAMAAN BISA TERJALIN DENGAN AKRAB ANTARA PEJABAT DAN STAF. TANPA KEBERSAMAAN, TIDAK MUNGKIN ORGANISASI BISA MEMENUHI HARAPAN MASYARAKAT YANG TERUS MENERUS BERKEMBANG MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI.

HADIRIN YANG SAYA BANGGAKAN,

SECARA UMUM, SAYA MENDUKUNG PELATIHAN MOTIVASI INI AGAR PARA PEJABAT MAMPU BEKERJA SECARA CERDAS DALAM MENGELOLA ORGANISASI DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN YANG MAMPU MENGANTISIPASI KONDISI PERUBAHAN LINGKUNGAN YANG CEPAT, SERTA BISA MEMOTIVASI PENINGKATAN KINERJA SEHARI-HARI YANG BERORIENTASI PADA SUKSESNYA PENYELENGGARAAN OTONOMI DAERAH.

SECARA KHUSUS, PELATIHAN INI MENEKANKAN PADA BAGAIMANA MOTIVASI KERJA BISA BANGKIT. MOTIVASI INI BISA BANGKIT APABILA ADANYA INTERAKSI KERJA YANG BAIK DAN HARMONIS, JUGA TERPENUHINYA KEBUTUHAN MENDAPATKAN PENGHARGAAN / PENGAKUAN SERTA TIDAK DIPERLAKUKAN SEWENANG-WENANG DAN KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI, YAITU KEBUTUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI.

APARATUR YANG MEMILIKI MOTIVASI YANG TINGGI  AKAN BERDISIPLIN WAKTU, BERSIKAP POSITIF TERHADAP PEKERJAANNYA, MENUNJUKKAN PERHATIAN YANG TULUS TERHADAP PEKERJAAN ORANG LAIN, SUKA BEKERJASAMA; SUKA MEMBERI MOTIVASI KEPADA ORANG LAIN DAN SELALU BERPIKIR POSITIF. YANG TERPENTING DI SINI PERLU SAYA TEKANKAN DAN UNTUK DIGARISBAWAHI, BAHWA MOTIVASI KERJA TERKADANG BISA TURUN. OLEH KARENA ITU, AGAR APARATUR DAN ORGANISASI TIDAK MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT PENURUNAN MOTIVASI MAKA KITA PERLU MENGATASI DAN MENCEGAHNYA DENGAN TETAP BERSEMANGAT DALAM BEKERJA YANG NANTINYA BISA SAUDARA-SAUDARA DAPATKAN DALAM MATERI PELATIHAN INI.

HADIRIN YANG SAYA BANGGAKAN,

SAYA SAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA NARA SUMBER DAN SEMUA PIHAK YANG MENDUKUNG TERLAKSANANYA PELATIHAN INI SEHINGGA BISA BERJALAN LANCAR DAN SESUAI DENGAN SASARAN/TUJUAN YANG DIHARAPKAN. MAKA DENGAN MENGUCAPKAN:

 BISMILLAHIR ROHMANIRROHIM

PADA HARI INI, JUMAT 18 DESEMBER 2015

 PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTIVASI

(WORK SMART) BAGI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015

SECARA RESMI SAYA NYATAKAN

DIBUKA DAN DIMULAI.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA. WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

                                   

Pj. BUPATI SIDOARJO

 

Drs Ec. JONATHAN  JUDIANTO, MMT

==========================================

SAMBUTAN PENUTUPAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTIVASI (WORK SMART) BAGI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SELAMAT SIANG  DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA. YANG SAYA BANGGAKAN:

  • SEKRETARIS DAERAH KAB SIDOARJO;
  • STAF AHLI BUPATI;
  • PARA ASISTEN SEKRETARIAT DAERAH KAB SIDOARJO;
  • PARA KEPALA SKPD / CAMAT / KEPALA BAGIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KAB SIDOARJO;
  • INSTRUKTUR DARI DALE CARNEGIE;

MENGAWALI SAMBUTAN INI, MARILAH TERLEBIH DULU KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, PADA SIANG HARI INI KITA DAPAT HADIR DALAM ACARA PENUTUPAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTIVASI (WORK SMART) BAGI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

SEMUA TAHAPAN PELATIHAN  TELAH SELESAI DILAKSANAKAN DAN DAPAT BERJALAN LANCAR SESUAI DENGAN HARAPAN. OLEH KARENA ITU PADA KESEMPATAN KALI INI SAYA MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH YANG SEBANYAK-BANYAKNYA ATAS PERAN SERTA SAUDARA-SAUDARA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN INI. JUGA TERIMA KASIH SAYA SAMPAIKAN KEPADA DALE  CARNEGIE YANG SUDAH MEMFASILITASI ACARA MULAI AWAL HINGGA AKHIR.

SAYA BERHARAP, SETELAH SELESAI MENGIKUTI KEGIATAN INI SAUDARA-SAUDARA SEMAKIN TERMOTIVASI UNTUK MENUNJUKKAN KINERJA YANG CERDAS (WORK SMART) DAN BERTANGGUNGJAWAB DENGAN PENUH SEMANGAT DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS PEMERINTAHAN KHUSUSNYA PELAYANAN PUBLIK.

SAYA JUGA BERHARAP AGAR SAUDARA SEBAGAI PEJABAT MAMPU UNTUK MEMOTIVASI PARA STAF AGAR LEBIH BAIK LAGI DALAM BEKERJA, MAMPU MENGGERAKKAN ORGANISASI DAN MEMBERIKAN  CONTOH YANG TERBAIK DALAM HAL KEDISIPLINAN DAN KEBERSAMAAN, KARENA DENGAN CONTOH YANG BAIK AKAN LEBIH EFEKTIF DARIPADA BANYAK NASIHAT NAMUN TIDAK DILAKSANAKAN.

DAPAT DISAMPAIKAN BAHWA PEJABAT PERLU MEMILIKI KECERDASAN DAN PENGALAMAN AGAR AMANAH YANG DIEMBANKAN KEPADANYA MAMPU DILAKSANAKAN DENGAN BAIK. SELAIN ITU JAJARAN PIMPINAN HARUS MEMILIKI ILMU YANG CUKUP DI  BIDANG YANG DIPIMPINNYA. HAL INI PENTING AGAR DALAM MELAKSANAKAN TUGAS BERDASARKAN DATA/ INFORMASI YANG TEPAT, SISTEMATIS, LOGIS SERTA SESUAI DENGAN KENYATAAN. SEHINGGA DENGAN PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN YANG DIMILIKI, PIMPINAN DAPAT MEMILIKI SOLUSI YANG BERSIFAT RASIONAL DAN OBJEKTIF. TERHINDAR DARI PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG EMOSIONAL DAN MENGHINDARI DARI SPEKULASI YANG DAPAT MERUGIKAN SEMUA PIHAK.

TUGAS PEJABAT ADALAH MENGARAHKAN SERTA MEMPENGARUHI STAF DENGAN SUKARELA MELAKUKAN TINDAKAN SESUAI DENGAN TUGAS MASING-MASING SEHINGGA TUJUAN ORGANISASI DAPAT DIWUJUDKAN. UNTUK ITU PEJABAT HARUS MEMILIKI KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK DAN MUDAH DITERIMA SEMUA PIHAK. JUGA  MEMILIKI KETERAMPILAN MELAKUKAN KOORDINASI SUPAYA BERBAGAI KEGIATAN YANG ADA SALING MENUNJANG DAN TIDAK TUMPANG TINDIH.

DENGAN PERAN SERTA DAN KIPRAH SAUDARA SEBAGAI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMKAB SIDOARJO INI, SAYA YAKIN MAMPU MENDUKUNG PEMBANGUNAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE), DI ANTARANYA PEMERINTAH MAMPU MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT DENGAN SEBAIK-BAIKNYA SERTA TRANSPARAN DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN PADA GILIRANNYA TERWUJUD KEPERCAYAAN (TRUST) PUBLIK YANG MENINGKAT KEPADA PEMERINTAH DAERAH.

 HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

DEMIKIAN TADI BEBERAPA HAL YANG BISA SAYA SAMPAIKAN DAN DENGAN MENGUCAPKAN:

 ALHAMDULILLAHIROBBILALAMIN,

PADA HARI INI,
SABTU
19 DESEMBER 2015

PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTIVASI (WORK SMART) BAGI PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015   

KAMI NYATAKAN

DITUTUP DAN DIAKHIRI.

SEKIAN TERIMA KASIH, WABILLAHI TAUFIK WAL HIDAYAH, WASSAALAMU’ALAIKUM WR. WB.

 Pj. BUPATI SIDOARJO

  

Drs Ec. JONATHAN  JUDIANTO, MMT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s