BERITA DIKLAT: Monitoring dan Evaluasi Proyek Perubahan DIKLATPIM IV dan TES KOMPETENSI ALIH JABATAN FUNGSIONAL UMUM

Posted on

  1. Monitoring dan Evaluasi Proyek Perubahan.
  • BKD Kabupaten Sidoarjo (Bidang Diklat) telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 90 (Sembilan puluh) proyek perubahan yang telah diimplementasikan oleh para Alumnus Diklatpim Tahun 2014, yaitu Diklatpim III sebanyak 30 orang dan Diklatpim IV sebanyak 60 orang.
  • Tujuan dilakukan monev terhadap proyek perubahan adalah untuk mengetahui sejauh mana proyek perubahan tersebut diimplementasikan guna menunjang perubahan pada SKPD, untuk mengetahui perkembangan dan capaian hasil yang diperoleh dari prubahan tersebut.
  • Pelaporan Monitoring dan Evaluasi :

Pelaporan hasil monev telah dilaporkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, dan bagi proyek perubahan yang implementasinya belum nyata atau proyek perubahannya yang membutuhkan pemantauan jangka panjang, maka dibuatkan surat kepada Kepala SKPD untuk memonitor penyelesaian keberhasilan proyek perubahan dimaksud.

  1. Alih Jabatan Fungsional Umum
  • Kriteria :

Sebanyak 152 staf SKPD dalam jabatan fungsional umum sebagai Caraka, Juru pungut, petugas kebersihan, pengemudi (dengan sebutan lainnya) dengan Tunjangan Penghasilan PNS (TPP) yang telah ditetapkan sebagai SK Bupati Sidoarjo, namun menghendaki kenaikan TPP dengan menjadi PENGADMINISTRASI  UMUM atau PENGOLAH DATA.

  • Motivasi

Guna memotivasi yang bersangkutan agar dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi perlu dilakukan test kompetensi alih jenjang jabatan fungsional umum.

  • Pelaksanaan Test.

Test tersebut dilakukan oleh Assessor BKD Kabupaten Sidoarjo berupa test psikologi (dengan dibentuk Tim Assessor) yang menentukan terhadap kemampuan yang bersangkutan layak tidaknya untuk naik jenjang, juga meyeleksi kesesuaian yang bersangkutan terhadap latar belakang pendidikan  yang dimiliki dibandingkan dengan jabatan fungsional umum yang dikehendaki.

Selanjutnya dilakukan test tulis tata naskah dinas , test tulis (teori) computer, dan test praktek computer (world, excel , power point).

  • Hasil Test.

Hasil test tersebut diserahkan kepada Bidang Pengembangan Pegawai dan Bidang Mutasi untuk tindak lanjutnya sesuai keentuan kepegawaian yang berlaku.

Terhadap 30 (tiga puluh) staf dinyatakan tidak lulus sehingga ybs tetap menduduki jabatan fungsional umum semula

Terhadap 32 (tiga puluh dua) staf dinyatakan lulus dengan catatan maka ybs harus mengikuti ujian ulang dan wajib mengikuti kegiatan pembelajaran UTC Komputer.

Terhadap 90 (Sembilan puluh) yang dinyatakan lulus maka akan dilakukan proses penyesuaian oleh Bidang Pengembangan Pegawai dan dicatat pada SIMPEG.

  • Alih Jabatan Fungsional Umum tersebut rencananya akan dilakukan test kompetensi secara bertahap terhadap staf yang telah menduduki jabatan pengolah data / pengadministrasi umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s