PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH LAPORAN PANITIA PENYELENGGARA PEMBEKALAN DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015

Posted on

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.  Yang kami hormati :

  • Bapak Bupati Sidoarjo;
  • Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo;
  • Fasilitator Pembekalan dan Ujian dari Ikatan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (IAPI) Jawa Timur;
  • Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Peserta Pembekalan dan Hadirin sekalian,

Sebelum kami menyampaikan Laporan Penyelenggaraan terlebih dahulu perkenankan kami mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, berkah dan hidayahNya, sehingga kita semua dapat hadir di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat, guna mengikuti acara PEMBUKAAN PEMBEKALAN DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015.

Bapak Pj. Bupati, Sekretaris Daerah dan hadirin yang kami hormati, selanjutnya akan kami sampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan acara ini sebagai berikut:

Sebagai upaya mewujudkan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat (Public Service) oleh pemerintah serta kepentingan terhadap urusan publik tersebut, yang kesemuanya dilakukan oleh sumber daya Aparatur Sipil Negara (ASN) selaku penyelenggara negara yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, karenanya peningkatan kapasitas dan profesionalisme sumber daya ASN melalui pendidikan dan pelatihan sebagai bagian dari pembinaan penyelenggaraan pemerintahan di daerah harus dilakukan secara terarah, terpadu dan berkesinambungan.

Dalam hal ini pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Badan Kepegawaian Daerah Kab Sidoarjo dari tahun ke tahun selalu ditingkatkan dalam rangka penyempurnaan, dengan harapan agar Program Kediklatan tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pembinaan, pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM Aparatur Sipil Negara.

Oleh karenanya diperlukan sistem penganggaran Diklat  Satu Pintu yaitu semua program kediklatan agar dianggarkan dan dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Kab Sidoarjo. Hal ini dalam rangka pelaksanaan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, pasal 21 huruf e dan pasal 70 ayat (1) yang menyebutkan bahwa PNS berhak memperoleh pengembangan kompetensi sebagaimana tugas pokok dan fungsi yang diembannya, serta setiap pegawai ASN memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi. Terkait dengan hal di atas, Badan Kepegawaian Daerah Kab Sidoarjo menyelenggarakan berbagai program kegiatan antara lain sebagaimana yang diselenggarakan pada hari ini sebagai berikut:

Nomenklatur

PEMBEKALAN DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015.

Dasar Hukum

Dasar Hukum penyelenggaraan adalah berlakunya seperangkat peraturan perundangan-undangan, sebagai berikut :

  1. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
  2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Diklat Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS);
  4. Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah;
  6. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  7. Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Tujuan

Tujuan Ujian Nasional Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah ini adalah :

  1. Meningkatkan kemampuan Aparatur Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam pengelolaan maupun Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sehingga mampu merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang dan jasa;
  2. Memberikan dampak yang berkolerasi positif terhadap peningkatan prestasi kerja Aparatur Sipil Negara;
  3. Memenuhi Sertifikasi bagi peserta dalam rangka melaksanakan pengadaan barang/ jasa sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang ada.

Peserta

Peserta Pembekalan dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah Pegawai Negeri Sipil yang nantinya memiliki tugas melaksanakan proses pengadaan barang/jasa selaku Pejabat/Panitia Pengadaan Barang dan Jasa atau Pejabat Pembuat Komitmen sebanyak 100 peserta  yang terdiri dari  Pejabat dan Staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Fasilitator

Pelaksanaan Pembekalan bagi peserta dan Ujian Nasional Sertifikasi Keahlian Pengadaan barang/jasa  pemerintah akan  difasilitasi  oleh  DIREKTUR BINA SERTIFIKASI PROFESI, LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH (LKPP) Jakarta yang dikoordinasikan oleh IKATAN AHLI PENGADAAN INDONESIA (IAPI).

Penyelenggara

Program Pembekalan dan Ujian Nasional Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo dan direncanakan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 23 s/d tanggal 26 November 2015 untuk Pembekalan, sedangkan Ujian Sertifikasi dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 November 2015, bertempat di Ruang Delta Graha Lt. lll dan Ruang Delta Karya Lt.II Gedung Setda Kabupaten Sidoarjo. 

 

Materi Pembekalan

Materi pembekalan di antaranya: Pengetahuan tentang pengadaan barang/jasa, Persiapan pengadaan barang/jasa Pemerintah, Pemahaman pelaksanaan pengadaan barang/jasa, Pelaksanaan pengadaan pekerjaan konstruksi, Pelaksanaan pengadaan jasa lainnya, Pelaksanaan pengadaan jasa konsultasi, Pelaksanaan pengadaan barang/jasa dengan swakelola, Pengadaan barang/jasa dengan pendayagunaan produksi dalam negeri & usaha kecil dan dana pinjaman /hibah luar negeri, Penggunaan E-Procurement, Aspek hukum dan format kontrak dan dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sertifikat

Bagi Peserta Ujian Nasional Sertifikasi Keahlian  Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah yang dinyatakan Lulus Ujian  akan menerima Sertifikat Kelulusan dari LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH (LKPP) di Jakarta.

Pembiayaan

Biaya penyelenggaraan Pelatihan dibebankan pada APBD Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015  pada anggaran kegiatan Diklat Teknis dan Fungsional, Badan Kepegawaian Kabupaten Sidoarjo.

Penutup

Demikian beberapa hal yang dapat kami laporkan, untuk selanjutnya mohon perkenan Bapak Pj. Bupati Sidoarjo untuk memberikan arahan, sekaligus membuka secara resmi Pembekalan dan Ujian Nasional Sertifikasi Pengadaan barang/Jasa Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015.

Sekian dan terima kasih, Wabillahit Taufiq Wal Hidayah Wassalamu’alikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Sidoarjo,     November  2015

KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

KABUPATEN SIDOARJO

 

 

 

SRI WITARSIH, SH

Pembina Utama Muda

NIP. 19611201 199103 2 003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s