KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH: LAPORAN PENYELENGGARAAN DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015

Posted on Updated on

DAMKARAssalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang saya hormati :

  • Sekretaris Daerah dan Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo;
  • Peserta Diklat, dan hadirin undangan yang berbahagia.

Sebelum kami menyampaikan laporan penyelenggaraan ini, terlebih dahulu perkenankan kami mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat hadir di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat, untuk mengikuti DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 

 Bapak Bupati/ Wakil Bupati Sidoarjo/ Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo dan hadirin yang kami hormati, selanjutnya akan kami sampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut :

NOMENKLATUR

DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015.

DASAR HUKUM

 Dasar hukum DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015  adalah berlakunya seperangkat peraturan Perundang-undangan sebagai berikut :

  1. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil;
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 31 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah;
  5. Keputusan Kepala LAN No.193/XIII/10/6/2001 Tentang Pedoman Umum Pendidikan dan Pelatihan PNS;
  6. Peraturan Kepala LAN No.13 tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Teknis.

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan dari DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015 ini adalah memfasilitasi PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kompetensi  dalam penanganan bencana kebakaran sehingga dapat meningkatkan kinerja dan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap bidang pekerjaan sehari-hari di SKPD.

Adapun sasaran yang diharapkan diadakannya Diklat Pemadam Kebakaran ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi petugas pemadam kebakaran guna meningkatkan kompetensi dalam penanganan bencana kebakaran di Sidoarjo;
  2. Memberikan pembekalan kompetensi dalam pemadam kebakaran dengan harapan bahwa petugas pemadam kebakaran dapat memberikan kontribusi nyata pada penanganan bencana kebakaran di Sidoarjo;
  3. Dapat melakukan transfer skill atau kemampuan kepada petugas lainnya yang belum mengikuti Diklat Pemadam Kebakaran;
  4. Petugas pemadam kebakaran di lingkup Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat menyelenggarakan pelayanan publik secara optimal melalui implementasi penanganan bencana kebakaran secara efektif.

 PESERTA

Peserta Diklat ini adalah Petugas Pemadam kebakaran di lingkup Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang dipersiapkan untuk memiliki kompetensi penanganan bencana kebakaran agar mampu memberikan kontribusi nyata dalam penanganan bencana kebakaran di  Sidoarjo, sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 11 PNS dan 19 Pegawai Kontrak.

 PENYELENGGARA DAN BENTUK PEMBELAJARAN

Diklat Pemadam Kebakaran ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

Diklat Pemadam kebakaran ini berbentuk pembelajaran  in class dan out class melalui penjelasan teori dan praktik langsung dalam penanganan bencana kebakaran yang dilaksanakan di kelas dan di lapangan untuk melatih ketangkasan petugas pemadam kebakaran.

WAKTU & TEMPAT PENYELENGGARAAN

Penyelenggaraan DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015  dilaksanakan selama 4 (empat) hari, yang dimulai tanggal 8  s/d 12 September 2015.

Dengan pembelajaran in class bertempat di Balai Diklat Kab Sidoarjo dan out class dilaksanakan kegiatan studi banding ke Unit Pemadam Kebakaran Pemkot Surabaya, serta dilanjutkan di Trawas Mojokerto dalam kegiatan outbond yang dimaksudkan untuk membentuk tim building yang kompak,  penuh pengertian serta kerjasama yang sebaik-baiknya di antara anggota pemadam kebakaran.

PENUTUP

Demikian LAPORAN PENYELENGGARAAN DIKLAT PEMADAM KEBAKARAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015  selanjutnya kami mohon kepada Bapak Bupati untuk membuka secara resmi kegiatan pembekalan dimaksud. Sekian dan terima kasih, Wassalamualaikum wr wb.

Sidoarjo,     September 2015

KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

KABUPATEN SIDOARJO

 

SRI WITARSIH, SH

Pembina Utama Muda

NIP. 19611201 199103 2 003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s