SAMBUTAN PEMBUKAAN PEMBEKALAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) FORMASI UMUM TAHUN 2014 PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN ANGGARAN 2015 Sidoarjo, April 2015

Posted on Updated on

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Yang saya hormati :

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo dan Para Pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Sidoarjo;

Komandan Batalyon Arhanudse  8 Sruni, Gedangan, Sidoarjo

Para peserta pembekalan yang saya sayangi;

Pertama-tama marilah senantiasa kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berbagai kenikmatan,  taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka PEMBUKAAN PEMBEKALAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL FORMASI UMUM TAHUN 2014 DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO dalam keadaan sehat wal’afiat.


Hadirin yang
berbahagia,

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk menunjang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat  berkembang. Hal ini merupakan faktor penunjang untuk mencapai keunggulan kompetitif di berbagai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Merespon perkembangan tersebut di tengah-tengah agenda implementasi otonomi daerah, hendaknya memacu setiap pelaku pemerintahan dan pembangunan untuk berkompetisi menunjukkan kinerja yang optimal. Adanya kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi diharapkan dapat memberikan keleluasaan kepada daerah dalam melaksanakan pembangunan. Hal tersebut sangat terkait dengan tujuan otonomi daerah yang pada dasarnya terkandung tiga misi utama, yaitu:

Pertama, menciptakan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya daerah. Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan umum  dan kesejahteraan masyarakat dan, Ketiga memberdayakan dan menciptakan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.

Wajar bila di era otonomi, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan berbagai terobosan dan strategi untuk mempercepat proses peningkatan kinerja aparaturnya. Upaya itu dimulai ketika seorang pelamar yang dinyatakan diterima sebagai CPNS melalui rekruitmen yang fair dan profesional kemudian dilakukan pembekalan dengan materi yang intinya adalah membentuk mental yang mencintai tanah air, bangsa dan negara serta memiliki jiwa mengabdi kepada masyarakat.

Setelah menjadi PNS, proses formal yang harus dilalui adalah berbagai macam diklat baik yang bersifat struktural maupun teknis dan fungsional. Kesemua itu intinya adalah pembentukan PNS yang memiliki kinerja yang tinggi sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat. Terkait dengan peningkatan kinerja PNS yang perlu dicermati adalah perkembangan lingkungan internal dan eksternal yang membutuhkan berbagai macam persiapan. Dalam konteks peningkatan kinerja PNS, apapun perkembangan politik ekonomi sosial dan budaya yang terjadi di tingkat pusat jangan sampai menurunkan semangat kita untuk terus berkarya dan membangun daerah. Diperlukan cara agar kita mampu menjaga dan memiliki ketahanan mental psikis, sabar serta tetap mampu berpikir logis di tengah perubahan.

 

 

 

Hadirin peserta pembekalan yang berbahagia,

Saudara dinyatakan diterima sebagai CPNS pada formasi umum tahun 2014. Karena itulah diharapkan agar nantinya saudara-saudara langsung bisa beradaptasi dengan cepat di tempat kerja baru dan menunjukkan kinerja yang bagus. Pembekalan ini juga dimaksudkan agar saudara siap untuk mengikuti Diklat Pra Jabatan yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS. Proses itu harus saudara ikuti dengan baik dan tekun, sebagai bagian dari pendidikan formal dalam berkarier di lingkungan birokrasi pemerintahan. Mengikuti pendidikan dan pelatihan haruslah dipandang sebagai proses awal saudara memberdayakan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun potensi diri sendiri, sehingga nantinya saudara siap menjadi abdi masyarakat dan abdi negara yang profesional dalam melayani masyarakat.

Di era pemerintahan yang sekarang, harapan dan tuntutan masyarakat terhadap sosok birokrasi sangat besar, antara lain: Pertama, tuntutan profesionalisme, tuntutan kinerja yang berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat. Kedua, tuntutan solusi terbaik yang stratejik dan aktual sebagai respons atas kebijakan dan permasalahan yang muncul. Ketiga, tuntutan untuk memperkokoh kerja yang solid dan sinergis di berbagai lapisan penugasan. Keempat, tuntutan untuk lebih inovatif, kreatif dan responsif terhadap berbagai keadaan. Kelima, tuntutan kondisi prima para Aparatur Sipil Negara untuk mengabdi sesuai dengan kompetensinya.

Khusus kepada peserta pembekalan Saya mengharapkan kehadiran saudara di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Sidoarjo secara umum. Secara khusus, kehadiran saudara di satuan kerja di mana saudara ditempatkan itu diharapkan akan mampu membantu meringankan beban dan tugas yang menjadi kewajiban SKPD dalam melaksanakan program program Pemerintah. Untuk itu, Saudara harus memiliki kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Akhirnya saya ucapkan selamat mengikuti pembekalan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan memberkati setiap langkah kita. Sekian, Terima kasih. Wallahul  muwaffiq  ilaa  aqwamit  thoriq. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Sidoarjo,    April 2015

BUPATI SIDOARJO

 

 

 

SAIFUL ILAH, SH, M.Hum

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s