Proposal DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015

Posted on Updated on

 Pendahuluan

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dalam rangka mengelola tata pemerintahan yang baik di segala bidang. Salah satunya adalah peningkatan profesionalisme Aparatur Sipil Negara yang bertugas untuk melaksanakan tugas pemeriksaan pajak.

 

Sebagaimana diketahui bahwa pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada Daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.  Pajak daerah merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang utama sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang mana diatur sebanyak 16 jenis pajak daerah yang boleh dipungut oleh daerah terdiri dari 5 jenis pajak daerah untuk tingkat provinsi dan 11 jenis pajak untuk tingkat kabupten/kota.

 

Pemeriksaan pajak  dilaksanakan petugas selaku Pemeriksa Pajak meliputi Surat Pemberitahuan (SPT), baik itu SPT Masa maupun SPT Tahunan berikut Laporan Keuangan sebagai satu kesatuan dari kelengkapan SPT dari Wajib Pajak. Pemeriksaan pajak menghasilkan suatu produk ketetapan hukum yang mengikat dan memberikan kepastian hukum bagi Wajib Pajak.

 

Produk ketetapan hukum tersebut yaitu dapat berupa Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) baik itu berupa Surat Ketetapan Pajak Daerah Nihil (SKPDN), Surat Ketetapan Pajak Daerah Kurang Bayar (SKPDKB), Surat Ketetapan Pajak Daerah Lebih Bayar (SKPDLB), Surat Ketetapan Pajak Daerah Kurang Bayar Tambahan (SKPDKBT), Surat Tagihan Pajak Daerah (STPD), Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) dan lain-lain.

 

Pedoman pemeriksaan pajak  di Kabupaten Sidoarjo adalah  Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 17 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak Daerah yang mengatur  tentang tata cara Pemeriksaan Pajak Daerah, termasuk definisi Pemeriksaan pajak adalah serangkaian kegiatan menghimpun dan mengolah data, keterangan, dan/atau bukti yang dilaksanakan secara objektif dan profesional berdasarkan suatu standar pemeriksaan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan/atau untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sebagaimana tertera dalam Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 17 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak Daerah, Bab I Pasal I disebutkan: Pemeriksa Pajak adalah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah atau tenaga ahli yang ditunjuk oleh Kepala Dinas, yang diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab untuk melaksanakan Pemeriksaan yang dapat berbentuk Pemeriksa Tunggal atau Tim Pemeriksa Pajak.

 

Tugas pemeriksaan pajak harus dilakukan oleh aparatur yang memiliki keahlian perpajakan yang  baik, dan sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo berencana menyelenggarakan “DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015”

 

 

 

  1. Dasar Hukum

Dasar hukum penyelenggaraan “DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015” ini adalah  berlakunya seperangkat peraturan Perundang-undangan sebagai berikut :

  • Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;
  • Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah;
  • Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Diklat Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS);
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 tahun 2007 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006;
  • Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 17 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak Daerah.

 

 

  • Tujuan dan Sasaran

Tujuan dilaksanakannya “DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015” agar hasil penerimaan pajak memadai dan diakui memiliki peran yang relatif besar terhadap APBD serta meningkatkan penerimaan daerah.

 

Adapun sasaran yang diharapkan diadakannya diklat  ini adalah:

 

  1. Meningkatkan kemampuan peserta untuk membaca laporan keuangan dalam menjalankan tugas-tugas pemeriksaan pajak meliputi kegiatan menghimpun dan mengolah data, keterangan, dan/atau bukti yang dilaksanakan secara objektif dan profesional berdasarkan suatu standar pemeriksaan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan/atau untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
  2. Meningkatkan pengetahuan peserta terhadap pelaksanaan pemeriksaan melalui konsep, prinsip dan sistem perpajakan yang berlaku saat ini di Indonesia yang telah mengalami perubahan berdasarkan atas produk-produk hukum terbaru.
  3. Memperoleh bekal pengetahuan dan pemahaman yang lengkap serta mendalam tentang meetodologi pemeriksaan pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan pajak daerah sehingga bisa meningkatkan kompetensi soft skill dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pemeriksa yang profesional dan bertanggung jawab.

 

 

 

  1. Peserta

Target group atau kelompok sasaran dari Diklat adalah para Petugas Pajak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berjumlah 30 (tiga puluh) orang.

 

 

 

  1. Penyelenggaraan

“DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015” diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Badan Diklat provinsi Jawa Timur.

 

Program ini direncanakan berlangsung selama 10 (sepuluh) hari pada triwulan IV tahun 2015 bertempat di Balai Diklat Kabupaten Sidoarjo, Jl. Mojopahit No. 5 Sidoarjo.

 

  1. Narasumber dan Materi

Narasumber dalam pelaksanaan Diklat ini berasal dari :

  1. Badan Diklat Provinsi Jawa Timur;
  2. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo;
  3. Kanwil Pajak Kementrian Keuangan R.I

 

Adapun Materi yang disampaikan dalam “DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015” antara lain metode penghitungan pajak, mekanisme pelaporan pajak, ketentuan umum pajak daerah dan kerangka peraturan pajak daerah, jenis-jenis pajak daerah berikut penghitungan dan penetapannya, studi kasus pemeriksaan pajak daerah, proses pemungutan pajak dan organisasi pengelolaan pajak yang terkait serta, pengetahuan sotf skill pemeriksaan pajak.

 

 

 

  • Pembiayaan

Pembiayaan “DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015”  ini seluruhnya dibebankan pada APBD Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015 yaitu melalui pos kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Teknis.

 

 

 

  • Sertifikat

Bagi peserta yang dinyatakan selesai dan lulus akan mendapatkan sertifikat dari Lembaga Diklat yang terakreditasi.

 

 

 

 

 

 

  1. Penutup

Demikian proposal “DIKLAT PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH BAGI PETUGAS PAJAK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2015”  ini untuk menjadikan periksa, dengan harapan dapat terwujudnya profesionalisme Aparatur Sipil Negara/PNS di jajaran Pemerintah Kabupaten Sidoarjo guna mencegah timbulnya diskresi dalam penetapan tarif pajak serta dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengenaan maupun efektifitas pajak daerah.

 

Sidoarjo,          Juli  2015

 

                                                KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

KABUPATEN SIDOARJO

 

 

 

 

SRI WITARSIH, SH

Pembina Utama Muda

NIP. 19611201 199103 2 003

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s